Kopi dan Susu #3

Kalau ngomongin kopi tuh gak pernah akan ada habisnya. Itulah yang terjadi kalau  Andanu Prasetyo dari @toodzhouse ngobrolin proses pembuatan kopi sama Kopling. Setelah pembahasan sebelumnya, Kopi dan Susu edisi Cafe, lalu cara bikin kopi dengan french press, kali ini kita akan combine keduanya. Yuk mari kita simak sama-sama.

Kopi dan Susu #3- Edisi Rumah (Fresh Milk)

Di artikel Kopi dan Susu #2 kan kita membahas bikin kopi menggunakan alat yang namanya French Press. Mungkin ada beberapa teman-teman Kopling yang udah membeli dan nyobain sendiri di rumah. Naah, supaya lebih bermanfaat lagi, kali ini gue akan membagi pengalaman gue setelah melakukan percobaan lagi membuat kopi susu di rumah. Namun kali ini rasanya lebih creamy dari biasanya karena kita menggunakan Foam! Hehe menarik kan bisa minum kopi susu layaknya seperti di cafe?

Kalau di artikel sebelumnya kan kita membuat kopi susunya dengan creamer. Kali ini kopi susu yang akan dihasilkan lebih foamy dan creamy karena kita menggunakan Fresh Milk. Biar lebih gampang gue rinci aja ya beberapa alat dan bahan yang perlu teman-teman siapin.

1. French Press/Plunger
2. Milk Frother
3. Kopi Bubuk “Fresh” & “Medium Coarse Grind”  : 19 – 22 gr
4. Air Panas (90-95 derajat celcius): 90 – 100 ml
5. Fresh Milk “Pasteurisasi” (60-70 derajat celcius) : 100 ml

Kali ini gue akan kasih tau cara buatnya dengan bantuan video di bawah ini. Semoga teman-teman Kopling akan lebih mudah untuk ngikutinnya di rumah/kantor ya.

Gimana video nya? Semoga cukup jelas yah. Kalau misalnya masih ada pertanyaan kamu langsung kirim email aja ke andanuprasetyo@gmail.com atau mention via Twitter ke @andanuprasetyo dan @toodzhouse. Nanti gue akan coba untuk share juga sama teman-teman di mana tempat untuk dapetin alat-alat ataupun bahan-bahan yang gue rekomendasiin.

Semoga artikel ini bisa bikin ngopi di rumah/kantor jadi makin seru ya. Dengan gini kita juga bisa bedain antara kopi susu yang kita buat di rumah dengan kopi susu yang kita minum di cafe/hotel. Enak mana ya? hehe..

Kamu juga bisa coba tanya-tanya ke barista yang buatin kopinya gimana cara mereka buatnya, siapa tau kita bisa saling kasih masukan. Nanti dari hal kecil seperti saling memberi feedback yang membangun akan turut membangun kualitas kopi di negeri kita juga kaan?

Ok deh, sampai jumpa di artikel selanjutnya. Kalau ada usul untuk topik artikel selanjutnya tulis di comment box di bawah ya, atau mention langsung ke kita via Twitter. Cheers! – @AndanuPrasetyo

 

About author

Natasha Cindy

Jangan kaget ya kalau ketemu Natasha Cindy, penampilannya akan selalu terlihat beda. Biasa dipanggil Cindy, atau Cicin, perempuan Capricorn yang satu ini lagi suka banget ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official