Budaya Kopi di Portugal

Mungkin kita selama ini berpikir bahwa di Eropa yang tergila-gila pada kopi itu hanya orang Prancis dan Italia, dan banyak yang nggak tahu bahwa di Portugal pun kopi adalah bisnis dan kegiatan yang sangat serius. Orang Portugis masuk dalam jajaran empat besar dalam daftar peminum kopi di seluruh Uni Eropa!

cafe2-1024x576

Orang Portugis minum kopi sepanjang hari, setiap hari, dan mereka juga peduli pada kualitas kopi yang mereka minum. Saking seriusnya mereka pada masalah kualitas ini, sampai-sampai rasa kopi instan mereka pun konon jauh lebih enak dan kualitasnya lebih baik dari tempat-tempat makan di Amerika Serikat!

Orang Portugis biasa mulai mengopi pada jam 08:30 pagi, lalu jam 10:30, jam 14:30, jam 16:00, dan seterusnya. Portugal nggak kalah dengan Italia dan Prancis dalam masalah jumlah coffee shop, bahkan di warung-warung yang menjual makanan di desa-desa paling terpencil pun di sana, pasti kita dapat melihat mesin espresso.

PinturaSargentoPalhetaMaior

francisco-de-melo-palheta-histc3b3ria-do-cafc3a9-4

Sejarah kopi di Portugal berawal ketika pada tahun 1727 Raja John V memerintahkan Letnan Kolonel Francisco de Mello Palheta untuk memperkenalkan tanaman kopi pada Brazil, yang adalah koloni Portugal, dan ternyata itu bukan tugas yang mudah. Palheta melakukan perjalanan ke French Guinea untuk mendapatkan bibit kopi, tapi ternyata gubernur setempat enggan untuk bekerja sama. Palheta nggak putus asa, dan dia membuat istri sang gubernur jatuh cinta padanya – dan berhasil. Sang istri gubernur lalu memberinya sebuah karangan bunga yang sangat besar, yang ternyata di dalamnya dimasukkan biji-biji kopi…

Kesuksesan Palheta membuat Brazil menjadi produsen kopi yang sangat besar di tahun 1800-an, dan kopi nggak lagi hanya sekadar untuk kaum sosialita. Semua biji kopi yang ditanam di Brazil dan daerah-daerah koloni Portugal lainnya kemudian dibawa kembali ke Portugal untuk dipanggang. Pada akhir tahun 1700-an, banyak coffee shop dibuka di Lisbon dan tempat-tempat itu segera menjadi tempat tongkrongan yang paling banyak diminati oleh para penulis, politisi, kaum aristokrat, dan pedagang.

9613843

cafe-martinho-da-arcada

Hari ini jumlah coffee shop di Lisbon sudah nggak bisa terhitung lagi saking banyaknya. Beberapa yang terkenal adalah Café a Brasileira dan Martinho da Arcada, yang jadi tempat ngopi favorit Fernando Pessoa, seorang penulis dari awal maraknya bisnis kopi di Lisbon. Martinho da Arcada sampai hari ini masih menyimpan cangkir kopi dan mangkuk gula favorit Pessoa sebagai penghormatan.

Kopi favoritnya orang Portugis itu apa sih? Sabar ya. Kopling pasti akan membahas di artikel selanjutnya. Ikuti terus artikel-artikel dari kami.

Sumber gambar: Trip Advisor, dan beberapa sumber lainnya

Inside Out Project

Pada bulan Maret 2011, seorang seniman dan fotografer asal Perancis berinisial JR menerima penghargaan TED Prize senilai 100.000 USD untuk proyeknya yang bernama “Inside Out”. ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official