Bincang Kopi di Volume 5

Acara penutupan projek Kopi Keliling tahun 2011 lalu berlangsung dengan lancar. Mengambil tempat di Anomali Coffee Plaza Indonesia menjadikan acara kali ini lebih special dari yang sebelum-sebelumnya karena kali ini Kopling dapat memberikan pengalaman kopi yang lebih baik lagi. Dengan kegiatan seperti BE A BARISTA yang cukup mengambil banyak perhatian pengunjung, Mini Cupping, sampai dengan bincang Kopi bersama Irvan Helmi, Agam Abgari (dari Anomali Coffee) dan juga ibu Ina (Direktur Eksekutif SCAI).

Animo pengunjung terhadap informasi mengenai kopi ini juga cukup baik, khususnya untuk session Mini Cupping yang memberikan kesempatan bagi semua untuk membedakan 2 jenis kopi yang sudah disediakan. Kedua jenis kopi itu adalah Robusta dan Arabika. Pengunjung yang ikut mencoba cupping ini lalu memberikan pendapatnya dengan menuliskan jenis kopi mana yang “paling enak” menurut mereka.

Pilihan lebih banyak jatuh kepada Arabika yang memang adalah jenis kopi yang secara “kasta” lebih tinggi daripada Robusta. Menurut Irvan, masih banyak orang menggangap kalau Kopi sama dengan Pahit. “Padahal kopi itu sendiri tidak pahit rasanya, yang membuat pahit adalah proses roasting” tambahnya. Fokus ke rasa pahit itulah yang kadang menghalangi kita untuk menangkap rasa apa dibalik jenis-jenis kopi tersebut.

Ketika ditanya apa yang membuat kopi Indonesia itu hebat, para pakar kopi ini menjawab dengan cerita bahwa tanah Indonesia itu sangat subur dan kaya akan nutrisi. Dalam sejarahnya, proses “pembentukan” Indonesia dari gunung meletuslah yang membuat tanah Indonesia super subur!.

Dari pembicaraan singkat itu, Kopling bisa mengambil kesimpulan bahwa karena sedikitnya informasi, pengetahuan mengenai kopi, maka masyarakat banyak yang tidak menyadari (atau bahkan sadar namun tidak peduli) bahwa kekayaan Indonesia ini sangatlah hebat. Kekayaan tanah Indonesia (kebudayaan dan lain sebagainya) seringkali menjadi sesuatu yang kita sia-siakan. Indonesia sudah diberikan anugrah yang luar biasa, namun kita sendiri sebagai warga negaranya sibuk menggali kekayaan/budaya dari luar negeri.

Hal tersebutlah yang membuat Kopi Keliling tergerak untuk mengadakan rangkaian acara selama ini. Semoga dari informasi-informasi yang diberikan selama projek Kopling mampu memberikan inspirasi untuk menggali lagi kekayaan Indonesia yang masih banyak lagi jumlahnya. Kalau tertarik mengenai Kopi Indonesia, bisa datang ke outlet Anomali Coffee. Disana barista, dll siap menjelaskan pertanyaan-pertanyaan seputar Kopi Nusantara.

Anomali Coffee | Website: http://www.anomalicoffee.com/ | Twitter: @anomalicoffee

Be a Barista Activity

Mini Cupping Session

Bincang Kopi bersama Agam, Irvan, dan Ibu Ina

 

About author

[KACF 2015] DIVERSE Exhibition: Equal

DIVERSE, yang menjadi tema pameran kali ini mengangkat tentang keberagaman, baik itu keberagaman karya-karya yang dipamerkan, keberagaman si pengkarya, dan keberagaman para penikmat karya. Berbicara ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official