Bau Mulut karena Kopi?

mencegah-bau-mulut

Secantik-cantiknya dan seganteng-gantengnya orang, seasik-asiknya diajak ngobrol, kalo napasnya bau jadi ilang deh cantiknya, gantengnya, sama asiknya. Bau badan dan bau mulut itu bikin siapapun jadi ngedrop saat berdekatan sama kita.

Bau mulut nggak selalu disebabkan sama duren, petai, atau jengkol. Kopi juga bisa bikin mulut bau lho, karena apapun yang kita makan dan minum dicerna di perut dan usus kita. Zat-zat kimia yang terkandung di dalam makanan dan minuman yang kita konsumsi mengalir dalam tubuh kita, dan semakin kuat aroma makanan atau minuman yang masuk ke dalam tubuh kita, akan semakin membuat napas kita bau.

Kopi mengandung sulfur, dan kafein dalam kopi dapat mengeringkan mulut kita karena kafein memperlambat produksi ludah, jadinya berakibat napas kita jadi bau. Kekurangan air ludah bisa menyebabkan mulut bau, karena sebenarnya air ludah membantu kita untuk membunuh bakteri dalam mulut kita. Selain itu air ludah juga membantu kita untuk mencerna makanan yang ada di gigi dan daerah lain dalam mulut kita. Alasan paling kuat kenapa minum kopi dapat menyebabkan napas kita baunya jadi nggak enak karena kopi punya aroma yang sangat kuat, lebih kuat dari rasanya – apalagi kalo ditambah susu dalam kopi itu.

Gula yang terkandung dalam kopi juga bisa menyebabkan gigi berlubang dan sariawan, yang bikin mulut kita bertambah bau. Bahkan pemanis buatan juga mengandung karbohidrat yang akan dikonsumsi oleh bakteri dalam mulut. Itu padahal kopi biasa ya, apalagi kalo kita minum kopi luwak yang keluar dari kotoran binatang. Bisa dibayangin kan gimana baunya?

Masalahnya, kebanyakan peminum kopi nggak sadar kalo mulut mereka bau, karena mereka suka aroma kopi. Jadi, gimana dong caranya untuk mencegah bau mulut karena kopi? Apa kita harus berhenti minum kopi? Ya nggak juga sih…

Kopi nggak akan bikin mulut kita bau kalo kita rajin membersihkan gigi, minimal 2 kali sehari. Jangan lupa floss gigi kamu sebelum menyikat gigi, dan kumur setiap hal sehabis makan. Dan jangan lupa juga untuk membersihkan lidah, karena percuma kalo gigimu bersih tapi lidahmu kotor.

Selain itu, banyakin minum air. Paling sedikit, minumlah 2 gelas air setiap kali kamu selesai minum 1 cangkir kopi. Biar bersih. Cara pencegahan lainnya adalah dengan makan makanan yang baik untuk kesegaran mulut kita seperti apel, wortel, atau seledri.

Makanya sekarang kita tahu kan, kenapa di beberapa coffee shop juga dijual permen mint? Itu karena mereka tahu bahwa peminum kopi mulutnya bisa bau, dan untuk penanggulangan praktis ya caranya dengan permen mint. Nggak ada salahnya juga bawa permen mint ke mana-mana, demi kesegaran mulut. Toh ukurannya kecil, jadi praktis dibawanya.

Selamat menjaga kesehatan mulut sambil tetep nyeruput kopi!

 

Sumber foto: livescience.com

10 Perpustakaan Terindah di Dunia

Coba dihitung, dalam hidupmu sudah berapa kali kamu pergi ke perpustakaan, dan perpustakaan mana saja (di Indonesia) yang pernah kamu datangi? Kopling yakin, sebagian besar ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official