Art Hotel: Kayak Apa Sih Bentuknya?

Kalo di hotel-hotel, terutama hotel-hotel besar, ada lukisannya, baik di lobi hotel maupun di kamar hotel, itu udah banyak. Tapi kamu udah tau belum bahwa ada sebuah hotel di Toronto yang disebut dengan “art hotel”. Hotel tua ini cuma punya 37 kamar, tapi setiap kamarnya didekorasi berbeda-beda oleh seniman setempat. Nggak cuma itu, hotel yang terdiri dari 4 lantai ini di tangga dan di lobinya sengaja dibuat penuh dengan cita rasa seni yang tinggi.

The Gladstone Hotel ini dibangun pada tahun 1889 dan dinamai sesuai dengan nama jalan yang berada di samping hotel itu, Gladstone Avenue. Sementara Gladstone sendiri adalah nama Perdana Menteri Inggris saat itu, William Ewart Gladstone. Hotel ini termasuk salah satu landmark kota Toronto dan awalnya didesain oleh seorang arsitek setempat, G. M. Miller dengan gaya Romanesque Revival.
Pemilik hotel ini dulunya adalah seorang janda yang tinggal di hotel itu bersama 13 orang anaknya, Susanna Robinson. Lalu kemudian hotel ini terus berpindah tangan, dari satu pemilik ke pemilik lainnya. Sejak tahun 2002 sampai sekarang, hotel ini adalah milik keluarga Zeidlers.

gladstone-hotel

Kamar-kamar di hotel ini masing-masing punya nama, antara lain “Biker”, “Canadiana”, “Teen Queen”, dan juga “Snapshot”. Yang terakhir ini bisa jadi disukai oleh para fotografer dan pencinta Instagram. Kamar ini dihiasi dengan foto-foto dedauan di musim gugur yang dibuat di Toronto’s High Park, yang luasnya 400 acre dan punya taman bermain dan kebun binatang itu.

Gladstone-Hotel-Toronto-Event-Venue-Services-4

20100806-gladstone

409-Tower-Suite-CZ-Zeidler-gladstone-hotel-toronto

Toronto-Gladstone-Hotel-Faux-Naturelle-room

Menurut Andi Larocca, marketing manager hotel ini, para seniman ini membuat karyanya berdasarkan pesanan dan permintaan pihak hotel. Saking legendarisnya hotel ini, sampai pernah dibuat jadi film dokumenter yang¬† berjudul “Last Call at the Gladstone Hotel”, yang menceritakan perubahan hotel ini dari tempat yang kumuh menjadi tempat yang sangat keren seperti sekarang.

tags090810_560

mint-serf-ace-hotel-new-york-city-21

Ada sebuah “art hotel” lainnya yang berada di New York. Hotel ini, yang sekarang bernama “Ace Hotel”, dulunya bernama Hotel Breslin dan bangunannya sudah ada sejak tahun 1904, berlokasi di Midtown Manhattan.

Kamar-kamar di hotel ini didesain dengan gaya retro, dan harganya juga sangat murah untuk ukuran New York, cuma $100 per malam!

Gimana, tertarik nggak kamu untuk nginep di sebuah “hotel seni”?

Sumber foto: Jordan Seiler, dan beberapa sumber lainnya

joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official