KONE Brewing System dan Eva Cafe Solo

Ada beberapa cara dan alat untuk menyeduh kopi, seperti yang sering Kopling bahas. Kali ini kita akan berbagi tentang cara membuat kopi dengan dua alat lainnya.

KONE Brewing System

55-38136-jpeg-1338327920

KONE Brewing System (sumber: tested.com)

“Able diprakarsai oleh sejumlah pencinta kopi profesional, didedikasikan untuk menciptakan alat untuk menyeduh kopi yang mudah. Didesain bagi para profesional dan mereka yang antusias, dan dibuat dengan bahan berkualitas sangat tinggi di Amerika Serikat.”

Begitulah sekilas promosi dari perusahaan yang membuat alat penyeduh kopi KONE Brewing System. Ide untuk membuatnya berawal pada suatu pagi ketika mereka kehabisan filter untuk membuat kopi mereka dengan Chemex Coffee Maker. Mereka tetap membuat kopi meskipun tanpa filter dan hasilnya nggak memuaskan. Akhirnya mereka beride untuk membuat filter yang dapat digunakan berulang kali dari baja tahan karat (stainless steel) dan khusus didesain agar cocok digunakan untuk membuat kopi dengan Chemex, yang kita kenal dengan nama KONE Coffee Filter. Di samping itu, Able juga membuat alat menyeduh kopi khusus untuk dipakai bersama dengan KONE Coffee Filter, yaitu KONE Brewing System. Alat dengan tampilan yang elegan ini terbuat dari empat komponen, yaitu pot, filterfilter casing, dan tutupnya. Tutup dan pot alat KONE Brewing System dibuat oleh sebuah studio keramik di Portland bernama VSCO. Keren banget ya desainnya?

kone_brewing_system

Bagian penyusun KONE Brewing System (sumber: shawnblanc.net)

Tapi yang namanya alat kopi, tentu saja ada kekurangan dan kelebihannya. Konon, karena filter-nya terbuat dari baja tahan karat, terkadang ada bubuk kopi yang bisa lolos melewati filter dan masuk ke dalam kopi yang sudah diseduh. Lalu, nggak seperti filter dari kertas yang tinggal dibuang setelah dipakai, kamu harus rajin membersihkan filter metal ini supaya bubuk kopi bekasnya nggak mengendap. Sisi positifnya, kamu bisa menjadi peminum kopi bijak dengan mengurangi limbah kopi dan katanya sih filter metal bisa dilewati lebih banyak minyak kopi, sehingga rasa seduhan kopinya pun lebih “penuh”.

Able Brewing Equipment from Able Brewing Equipment on Vimeo.

Penasaran pengen beli alatnya dan coba bikin kopi sendiri di rumah pake KONE Brewing System? Jangan lupa siapin dulu biji kopi dan grinder kopinya ya. Abis itu tonton video di bawah ini buat lihat gimana cara pemakaiannya:

Website: ablebrewing.com

Eva Cafe Solo

DSC_2306

Eva Cafe Solo (sumber: intelligentsiacoffee.com)

“I honestly believe that great coffee is not about as much about the brewer than it is the confluence of 3 things: a great coffee, great water and the right grind. The Cafe Solo is, for me, the yuppie-bejacketed priest of this doctrine. All it really does is let coffee and water hang out and make brew.”
Charles Babinski, ahli kopi

Sama seperti KONE, alat ini juga nggak menggunakan filter kertas. Bedanya, alat ini buatan Denmark. Desainnya juga unik, dilapisi dengan jaket, dan jaketnya bisa diganti-ganti lho dengan warna yang bermacam-macam. Jaket ini bukan sekedar untuk memperindah penampilan alat, tapi juga berfungsi untuk menjaga supaya kopi yang kamu seduh tetap hangat. Hmmm… Tertarik?

Cara menggunakannya:

1. Didihkan air yang sudah di-filter.
2. Panaskan Carafe Solo dengan cara memasukkan air panas ke dalamnya, sementara kamu menimbang dan menggiling biji kopi.
3. Jangan lepaskan jaketnya sebelum diisi dengan air panas, agar dapat disentuh dengan tangan.
4. Timbang 65 gram kopi, lalu giling. Ukurannya nggak sebesar partikel bubuk kopi yang digunakan untuk membuat kopi dengan French Press.
5. Setelah air dan kopinya siap, kosongkan Cafe Solo, lalu tuangkan bubuk kopi.
6. Tambahkan air, sampai ke batas leher botol.
7. Setting waktunya selama 1 menit.
8. Setelah itu, aduk denga sumpit bambu atau tongkat pengaduk yang sudah disediakan saat membeli alat ini.
9. Setting lagi waktunya selama 3 menit.
10. Buka tutupnya, dan tuangkan isinya ke dalam cangkir.

Website: evasolo.com

Pelajaran Hidup dari Seniman Jalanan

“Street art” mungkin nggak bisa diterjemahin begitu aja jadi “seni jalanan” meskipun sebenarnya “street art” adalah seni visual yang dibuat di tempat-tempat umum. Biasanya, street ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official