7 Resolusi Kopi di 2013

Halo teman-teman! Di awal tahun 2013 ini sudah ada berapa resolusi baru yang mulai kamu lakukan? Nah, buat melengkapi resolusi kamu, Kopling mau ngasih sepuluh resolusi kopi di tahun 2013 yang bisa kamu lakukan juga nih. Apa aja resolusi kopinya? Yuk simak sama-sama.

1. Kurangi Konsumsi Kopi Instan

Memang cara paling praktis untuk menikmati kopi adalah dengan minum kopi instan. Naah, di tahun ini cobain deh kurangi porsi minum kopi instan dan menggantinya dengan membeli biji kopi yang fresh. Memang prosesnya jadi lebih ribet sih. Cuma ada keuntungan lain seperti: Lebih sehat, karena nggak memakai bahan-bahan tambahan seperti pengawet, dll. Seru! proses giling kopi, nyeduh dengan berbagai metode manual brewing bisa jadi aktivitas sangat sangat menyenangkan.

Satu poin tambahan lagi. Kalau kamu lagi dalam proses ‘pedekate’ sama gebetan trik ini tentunya bisa membuat si dia terkagum-kagum sama kamu! #truestory

2. Cobain Beragam Kedai-Kedai Kopi Lokal Di Kota Kamu

Mungkin sebagian dari kita sudah sadar mengenai beragam permasalahan yang terjadi di dunia kopi Indonesia. Dan itu tidak sedikit, hehehe… Tapi yang Kopling mau highlight di sini adalah soal krisis kebanggaan terhadap kopi lokal. Terlepas dari beragam kekurangan dari bangsa ini, tetap saja kita perlu membangun dari dalam. Dengan mendukung kedai-kedai kopi lokal di kota kamu, yang Kopling yakin (sebagian besar) bersusah payah untuk menyajikan kopi yang terbaik buat kita semua, akan membantu mengembangkan kualitas kopi lokal ke arah yang lebih baik!

3. Cobain Beragam Metode Seduh Kopi

Kalau semisalnya yang biasa kamu lakukan adalah bikin kopi ‘tubruk’, di tahun ini cobain deh beragam metode seduh kopi yang ada. Misalnya metode seduh menggunakan French Pressmetode seduh Pour Over, metode seduh Aeropress, dan masih banyak lagi.

4. Cobain Beragam Jenis Minuman Kopi

Pasti kita semua punya menu andalan setiap pergi ke kedai kopi langganan. Naah, untuk variasi sekaligus memperkaya palette rasa kamu, setiap datang cobain menu-menu kopi lain yang tidak biasa kita pilih. Misalnyaaaa… Kalau kamu biasa cukup anti sama kopi hitam, sesekali cobain pas lagi nongkrong bareng teman-teman. Apalagi kan ada banyak kopi single origin di Indonesia. Coba deh nemuin satu-satu perbedaan rasa yang tersimpan di masing-masing origin kopi. Sangat menarik!

5. Kurangi Konsumsi Gula Dalam Kopimu

Ini bukan masalah bagaimana seharusnya kita menikmati sebuah kopi, tapi lebih ke faktor kesehatan. Pada dasarnya kandungan kalori dan lemak dalam kopi itu rendah. Tapiii, karena ada tambah-tambahan seperti gula, susu, krimer, dan lain sebagainya, membuat kopi seakan bukan minuman yang sehat. Padahal kopi juga mengandung antioksidan yang tinggi, sama seperti teh. Naah, cuma image teh masih lebih sehat daripada kopi kan?

6. Manfaatkan Kopi Secara Maksimal

Kalau ngomongin manfaat kopi kan banyak banget yah. Beberapa manfaat kopi yang paling umum kita gunakan sehari-hari adalah sebagai alat bersosialisasi yang efektif dan juga membantu kita terjaga seharian di tengah segala aktivitas. Ternyata, selain manfaat-manfaat di atas, ampas kopi ternyata bisa dipakai untuk pupuk lho. Caranya gampang banget, cukup taburin langsung di tanah. Bubuk kopi mengandung pH netral dan kaya kan nitrogen, jadi sangat cocok untuk pupuk tanaman di rumah. Tanah dan tanaman juga dapat langsung menyerap nutrisi yang ada di bubuk kopi. Nah, makanya jangan buru-buru buang ampas kopi kita.

7. Gunain Tumbler Untuk Take-away

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya. Untuk membantu menjaga lingkungan kita bersama, gunain Coffee Tumbler untuk membantu mengurangi penggunaan gelas plastik ketika kita order take-away di kedai-kedai kopi langganan. Kalau kamu belum punya tumbler yang kece, bisa beli “Kick-Ass Tumblers” nya Kopi Keliling, hehehe. #jadipromosi

Naah, gimana resolusi kopinya? Seru kan buat jadi tantangan baru di tahun 2013. Selamat mencoba. Moga-moga bisa terlaksana seiring dengan resolusi kamu lainnya! Oh, kalau kamu punya ide resolusi kopi silahkan langsung isi comment box di bawah.

 

About author

Gentong-Gentong Air Kota New York

Banyak kampanye yang menganjurkan kita untuk menghemat penggunaan air. Kenapa? Nggak cuma sekedar untuk menghemat tagihan air sih, apalagi kita yang hidup dengan air sumur. ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official