1,000 Shadows Project Herbert Baglione

Nggak dapat dipungkiri, bahwa selain kuburan, rumah sakit tua yang terbengkalai dan nggak terurus juga masuk ke dalam tempat-tempat yang nyeremin, apalagi rumah sakit jiwa. Kalo kamu penggemar cerita-cerita film horor, kamu pasti udah nonton serial “American Horror Stories” kan? Di Season 2, setting film dan ceritanya juga di sebuah bekas rumah sakit jiwa. Atau kalo kamu nggak pernah nonton serial itu, mungkin kamu pernah nonton acara “Uji Nyali” atau “Dunia Lain” di beberapa saluran televisi lokal. Jadi, kurang lebih kamu dapet gambaran gimana seremnya rumah sakit jiwa yang udah nggak berpenghuni kan?

rumahsakit1

Kalo di sini, orang ikutan acara-acara kayak gitu karena dibayar, ada seorang seniman asal Sao Paulo, Brazil, yang malah menguji nyalinya sendiri di sebuah rumah sakit jiwa tua. Herbert Baglione ini memang terkenal dengan karya-karyanya yang kuat, sederhana, tapi juga aneh dan misterius. Udah pasti, Herbert ini bukan orang yang penakut dong ya, kalo sampe niat banget ngelukis di tempat-tempat yang menurut orang menyeramkan. Memang sih, dia ngaku sendiri bahwa dia justru merasa nyaman di tempat-tempat yang gelap dan seram, juga… sendirian! Mungkin memang ada orang yang nggak dilahirkan dengan rasa takut seperti Herbert ini ya.

rumahsakit2 rumahsakit3

Herbert punya proyek seni yang namanya “Seribu Bayangan” atau “1,000 Shadows” yang dia kerjakan di tembok-tembok di tempat-tempat terlarang dan tertutup (karena dianggap seram) di Paris, Madrid, juga di Parma, Italia. Khusus di Parma ini, Herbert yang juga pernah membuat lukisan dengan darahnya sendiri, melukisi dinding-dinding dan lantai rumah sakit jiwa. Rumah sakit tua yang “terbuang” itu sebenernya udah keliatan cukup seram tanpa dilukisi, tapi lukisan Herbert membuatnya jadi keliatan makin seram.

Beberapa orang mengkritik karya Herbert ini dengan mengatakan bahwa melukisi tempat-tempat seperti itu terkesan nggak sensitif. Hmmm… lalu apa dong bedanya dengan film-film atau acara-acara televisi yang dibuat di tempat-tempat serupa, bahkan tempat-tempat yang sakral seperti bekas bangunan-bangunan ibadah yang tua dan kuburan?

rumahsakit4

Apapun itu, lukisan-lukisan Herbert seakan bercerita banyak tentang ketakutan, teriakan, dan khayalan-khayalan orang-orang yang pernah dirawat di sana, dan membuatnya semakin terasa bergema. Selain itu, sebenarnya, lukisan-lukisan ini boleh dong dianggap sebagai sebuah “kemajuan” untuk sebuah tempat yang udah nggak dipedulikan lagi oleh siapa pun?

Herbert yang punya kebiasaan untuk bikin espresso setiap kali bangun tidur ini punya semboyan hidup yang nggak kalah uniknya sama karya-karyanya:

“Let each one build their own prison, dan their own prejudice.”
– Herbert Baglione

Jadi apa yang menjadi penjaramu? Rasa takutkah?

 

Sumber foto: IMGUR

Jangan Katakan Ini Kepada Para Seniman

Apakah pacar kamu seniman? Atau mungkin, kamu punya teman, kenalan, kerabat yang seniman, entah itu pelukis, penulis, atau apapun? Hmmm… Begini, banyak orang yang belum ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official