Selamat Pagi, Dunia!

large-(1)

Seperti halnya makanan, kopi adalah sesuatu yang bersifat universal dan disukai oleh banyak orang. Ketika orang bicara soal budaya atau politik, bisa jadi orang jadi beda pendapat. Tapi dengan secangkir kopi, perbedaan yang ada dapat dibicarakan baik-baik.

Yang menarik adalah, kebanyakan orang di seluruh dunia memulai hari mereka dengan kopi, di mana pun mereka berada. Tentunya, setiap tempat dan negara, punya budaya kopi pagi mereka masing-masing.

vietnamese-coffee-recipe3-550x828

Di Maroko, orang biasa minum kopi pagi di rumah. Kopinya sangat sedikit, jadi lebih mirip gula dan susu yang dicampur dengan kopi. Sementara di Peru, orang minum kopi dengan susu kental manis dan gula. Agak mirip memang dengan Ca Phe Da, kopi pagi mirip orang Vietnam yang juga dibuat dengan susu kental manis. Bedanya, karena iklim, kopi pagi orang Vietnam disajikan dingin.

fitness_ernaehrung_milchkaffee_xb3

Di Jerman, setiap pagi orang minum Milchkaffee – yaitu semangkuk kopi yang disiram dengan susu dan atasnya ditaburi bubuk coklat. Biasanya mereka minum kopi ini dengan sepotong kue kering.

indian-coffee-house-shimla-india

Yang unik adalah di Inggris, di mana negara itu terkenal sebagai negara peminum teh. Anehnya, di pagi hari orang lebih memilih untuk minum kopi ketimbang minum teh. Mereka biasa membuat latte di rumah mereka sendiri, atau di kantor. Berbeda dengan orang India yang kebanyakan minum kopi di coffee shop.

Orang Afrika memulai paginya dengan secangkir kopi instan, atau kalau mereka lebih memilih ke coffee shop, mereka biasa memilih double latte. Sementara, orang New Zealand lebih memilih Flat White, dan orang Yunani memilih Frappe.

IMG_0536

Yang unik adalah Costa Rica. Mereka punya alat pembuat kopi sendiri di rumah. Kopi yang sudah menjadi bubuk diletakkan dalam sebuah kantung kain berwarna putih, lalu dimasukkan ke dalam air mendidih. Air kopi yang menetes lalu ditampung oleh sebuah cangkir kopi yang sudah menunggu di bawahnya. Meskipun mereka sudah mengenal alat kopi modern, tapi alat tradisional inilah yang tetap mereka pilih menjadi benda yang membantu untuk memulai hari mereka…

Di Indonesia sendiri, tiap daerah juga punya budaya kopi pagi mereka masing-masing kan? Tentunya orang di kota besar banyak yang lebih memilih untuk mampir ke coffee shop di pagi hari sebelum berangkat kerja, sementara orang di kota-kota yang lebih kecil, atau bahkan di pedesaan lebih memilih membuat kopi mereka sendiri di rumah, dengan jenis kopi tubruk sebagai andalannya.

Bagaimana dengan kamu, apakah di pagi hari kamu lebih memilih minum kopi di coffee shop, dari rumah, atau baru membuat kopi setelah kamu sampai di tempat kerja?

Sumber gambar: thinwaterannie.blogspot.com dan beberapa sumber lainnya.

joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official