Kopi Kapulaga di Hari Lebaran

Buat kamu yang suka masak, pasti nggak asing lagi dengan sebuah jenis rempah yang namanya “kapulaga”, atau yang dalam bahasa Inggris disebut dengan nama “cardamom”. Biasanya kapulaga yang rasanya agak mirip jahe ini selain dibuat untuk bumbu masakan, juga dibuat sebagai campuran bahan untuk membuat jamu. Berarti, ada manfaat kesehatannya dong ya. Banyak banget! Ini dia banyak di antaranya:

1. Melancarkan pencernaan, sekaligus meningkatkan nafsu makan
2. Membantu ginjal membuang racun dari dalam tubuh kita
3. Di India, setelah makan biasanya orang mengunyah kapulaga untuk menyegarkan nafas dan menghindari bau mulut. Kapulaga juga bisa menyembuhkan infeksi dalam mulut kita, termasuk sariawan
4. Mengurangi depresi
5. Mencegah flu, dan dapat menyembuhkan batuk
6. Mencegah kanker
7. Menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah penggumpalan darah
8. Menambah gairah seksual
9. Menghentikan cegukan

Banyak banget ya manfaat si kapulaga ini! Nah, di Pakistan, masyarakat di sana terbiasa minum kopi yang dicampur nggak hanya dengan kayu manis, tapi juga kapulaga. Kayu manis aja udah banyak dikenal sebagai rempah yang bermanfaat bagi tubuh, gimana kalo ditambah kapulaga yah?

Selain itu, nggak cuma di Pakistan, kapulaga juga banyak dipakai untuk campuran minuman kopi di Timur Tengah dan Afrika, meskipun sebenarnya salah satu rempah tertua dan termahal di dunia ini berasal dari India Selatan yang kemudian menyebar ke Sri Lanka, Pakistan, dan Guatemala. Kapulaga nan sakti ini juga banyak digunakan sebagai obat oleh orang-orang Yunani, Romawi, dan Mesir kuno.

Resep-kopi-ala-pakistan

Kepengen mencoba buat sendiri nggak minuman kopi ini? Ini dia resepnya!

Bahan:
1. 3 cangkir air
2. 3 cangkir susu
3. 1 batang kayu manis
4. 5 buah kapulaga, pecahkan
5. 3 sendok makan bubuk kopi
6. Gula, secukupnya

Cara pembuatan:
1. Campur semua bahan menjadi satu, lalu rebus dalam panci dengan api kecil selama 10 menit.
2. Tunggu sampai timbul gelembung, baru matikan apinya.
3. Diamkan sebentar supaya bubuk kopinya mengendap.
4. Sajikan.

Makanan-kecil-Turki

Gampang banget kan? Itu resep dasarnya ya. Kadang minuman kopi ini juga diberi tambahan bumbu lainnya seperti kemiri dan cengkeh. Dan biasa disajikan dengan Turkish Delight, yaitu manisan khas Turki yang terbuat dari bahan dasar gel pati dan gula, ketika dibuat di Turki. Tapi karena di sini nggak bisa mendapatkan Turkish Delight, kita bisa menggantinya dengan kue moci atau jajanan pasar yang lezat lainnya.

Sepertinya minuman ini cocok banget disajikan saat Lebaran ya?

Salam seruputh!

Illustration Around the World

Beberapa waktu lalu Kopling kedatangan tamu istimewa bernama Pablo Ientile. Pablo adalah seorang ilustrator yang berasal dari Argentina, namun menetap di Berlin, Jerman. Bersama dengan ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official