Kopi Panjang Umur

Banyak orang yang bilang bahwa rahasia umur panjang adalah banyak minum air putih, tapi kenyataannya ada sebuah pulau di Yunani yang para penduduknya seakan “lupa mati”. Mereka semua berumur panjang, dan rahasianya adalah karena mereka minum kopi Yunani dengan cara direbus sedikitnya sehari sekali. Penduduk Ikaria rata-rata berumur lebih dari 90 tahun, dan angka ini termasuk yang paling tinggi di dunia.

28Ikaria3-articleLarge

Kopi yang kaya antioksidan dan polyphenol itu memang dikenal baik untuk kesehatan jantung, tapi yang membuat kopi di Ikaria berbeda dengan kopi-kopi lainnya di seluruh dunia adalah cara pengolahannya.

Ikaria_Island_pictures-600x434

Orang Ikaria nggak menyeduh kopi, tapi mereka merebus kopi mereka sampai mendidih. Cara ini awalnya berasal dari Yemen yang saat itu belum mengenal cara mem-filter kopi. Merebus kopi juga dikenal di Turki dan banyak tempat di Timur Tengah. Kopi yang direbus akan membentuk busa kopi alami yang disebut dengan “kaimaki” oleh orang Yunani, yang membuat kopi semakin kaya rasa dan semakin creamy.

Orang-orang Yunani yang minum kopi mempunyai pembuluh darah yang sehat, selain itu mereka juga jadi terhindar dari disfungsi sel endothelial, sejenis penyakit jantung yang sering menjadi penyebab kematian, terutama pada perempuan.

phpThumb_generated_thumbnailjpg

Di Yunani, orang biasa minum kopi 3 – 5 kali dalam sehari, dalam cangkir “demitasse”, dan setiap cangkir biasanya berisi lebih dari 100 mg kafein. Dosis ini kurang lebih 1,5 kali lebih banyak dari kopi di cangkir kopi orang Amerika. Orang Yunani biasa minum kopi dalam acara-acara sosial dengan keluarga dan teman. Bisa di rumah, atau di cafe. Gaya kehidupan orang Yunani yang santai tapi bisa juga jadi penyebab mengapa mereka berumur panjang, juga makanan mereka yang banyak mengandung makanan yang baik untuk kesehatan jantung seperti ikan, minyak zaitun, sayur, dan buah-buahan.

Penduduk Pulau Ikaria sendiri suka tidur larut malam, bangunnya juga siang, dan mereka selalu tidur siang. Menariknya, nggak ada orang yang mengenakan jam tangan di sana, karena mereka memang sangat santai dan nggak peduli dengan waktu. Mereka juga nggak pernah membeli sayuran, karena semuanya mereka tanam sendiri. Memang sih, 40 persen penduduk di pulau ini nggak bekerja, karenanya mereka semua menanam dan memelihara ternak untuk kebutuhan mereka sehari-hari. Orang-orang yang bekerja di pulau ini biasanya jadi pemandu wisata, tukang cat, tukang listrik, atau mereka punya toko.

“Kami memang nggak punya uang untuk membeli barang-barang mewah, tapi kami selalu bisa makan dan punya waktu untuk keluarga dan teman-teman kami,” kata seorang penduduk setempat.

Jadi sebenarnya, yang membuat mereka bisa berumur panjang itu selain karena kopi ya karena didukung oleh kebiasaan hidup mereka juga. Coba kamu inget-inget, kapan terakhir kali kamu makan sayur dan buah-buahan? Anyway, kalo kamu penasaran ingin mencoba rasanya “kopi panjang umur” itu, kamu bisa mencobanya sendiri di rumah.

Selamat mencoba!

Beberapa Dripper Pilihan

Dulu, para penikmat kopi hanya bisa merasakan nikmatnya kopi “rasa coffee shop” di coffee shop. Tapi sekarang keadaan sudah berubah. Sudah banyak orang yang membeli ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official