Plantable Coffee Cup

1

Plantable Coffee Cup

Setelah beberapa waktu lalu Kopling bahas cangkir kopi yang bisa dimakan, kini kita akan bahas cangkir kopi yang bisa ditanam. Inovasi seperti ini adalah bentuk kepedulian terhadap bumi kita. Setiap sampah yang dikumpulkan pada tong sampah, akan dibuang kembali ke tempat penampungan akhir. Sampai di sana, dipilah lagi mana yang bisa didaur ulang mana yang tidak.

Kalau bisa didaur ulang, sampah bekas itu akan diolah menjadi barang setengah baru dan melalui proses pembersihan sebelum kembali ke tangan masyarakat. Sedangkan yang tidak bisa diolah, akan dibuang begitu saja atau dibakar. Dengan adanya plantable coffee cup ini, kita membantu menjadikan sampah untuk digunakan kembali dengan menanamnya ke tanah sebagai media tumbuh tanaman. Kreatif bukan?

biodegradable-plantable-coffee-cup-reduce-reuse-grow-4

Coffee cup sangat berkontribusi besar dalam timbunan sampah di Amerika Serikat. Salah satu coffee chain terkenal di dunia konon telah memproduksi empat miliar coffee cup per tahun. Dan coffee cup itu tidak bisa didaur ulang atau diolah kembali, inilah yang menyebabkan Amerika mengalami deforestasi dan semakin memburuk setiap tahunnya.

Sebuah perusahaan di California, Reduce. Reuse. Grow mendesain coffee cup yang tidak hanya biodegradable tapi juga memiliki benih-benih tanaman di dindingnya yang bisa ditanam dan tumbuh!

biodegradable-plantable-coffee-cup-reduce-reuse-grow-2

Awalnya, ide ini berasal dari Alex Henige, seorang mahasiswa arsitektur. Ia ingin mengampanyekan mengenai pengurangan produksi sampah pada perusahaan dan kemudian plantable coffee cup pertama dibuat.

Ia berharap agar peminum kopi mau membuang sampahnya di tempat sampah khusus yang telah ia sediakan di berbagai coffee shop agar mudah mengolahnya. Ia mengerti bahwa kesadaran membuang sampah tidaklah merata di tiap orang, ada yang peduli, ada yang tidak. namun, ia tetap semangat dalam mengajak orang untuk membuang sampai sesuai pada tempatnya karena ia percaya bahwa setiap cangkir dengan bibit pohon akan mengurangi satu ton karbon dioksida di udara.

biodegradable-plantable-coffee-cup-reduce-reuse-grow-3

Cangkir ini terbuat dari kertas kompos, dilapisi dengan lapisan kompos nabati dan ditanami biji bunga liar bahkan bibit pohon. Jadi, setelah kalian minum kopi, rendam cangkir ini dalam air selama lima menit, kemudian tanamkan pada tanah. Simsalabim! Besoknya akan tanaman itu akan tumbuh!

biodegradable-plantable-coffee-cup-reduce-reuse-grow-1

Nah, sekarang sudah tidak ada alasan lagi bukan untuk tidak peduli terhadap lingkungan? Yuk, kita jadi peminum kopi yang bijak!

 

Sumber gambar: boredpanda.com

About author

Rasa-rasa Kopi

Masih ingat dengan artikel Kopi vs Kopi yang ngebahas mengenai serunya nyicipin beragam rasa kopi? Kali ini, Arief Said, roaster Morph Coffee, mau memperkenalkan lebih ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official