Pilih yang Banyak Aturan Atau Nyantai?

Udah beberapa kali Kopling ngajak kamu jalan-jalan ke tempat-tempat kopi yang unik di dunia di sini juga di sini, dan sepertinya tempat-tempat seperti itu memang nggak ada abisnya dan terlalu menarik untuk nggak dibahas.

Kali ini kita jalan-jalan lagi ke Jepang yuk!

CNN Travel baru-baru ini mempublikasikan sebuah cerita tentang sebuah coffee bar yang bukan cuma unik, tapi juga kontroversial di Jepang. Tempat ngopi ini namanya Irukaya Coffee Shop. Kenapa unik? Karena tempat ini nggak punya jendela, hanya punya 4 tempat duduk, dan pengoperasiannya cuma dijalanin sama 1 orang aja: Hiroshi Kiyota.

irukaya coffee shop di jepang

Peraturan di Irukaya Coffee Shop ini cukup menarik dan sangat ketat. Mungkin kalo ada coffee shop yang ngejalanin peraturan kayak gini di Indonesia sih nggak bakal ada yang mau mampir kayaknya. Peraturannya adalah:

1. Tiap order hanya dilayani setiap 1 jam. Jadi kalo kamu ngorder, jangan ngorder lagi sampe 1 jam berikutnya. Atau, ngorder yang banyak aja sekalian.
2. Kalo kamu datengnya nggak sendirian, kamu cuma boleh bawa 1 teman aja, karena mereka cuma ngasih ijin 2 orang aja yang masuk ke situ dalam 1 grup. Kalo mau dateng berempat gimana? Ya datengnya jangan barengan dong… Hehe…
3. Nggak boleh foto-foto di dalam situ. Ini beneran nggak mendukung semangat Instagram yang membara itu ya!
4. Nggak boleh merokok.
5. Nggak bisa bawa makanan pulang. Ribet mungkin ya, secara yang ngelayanin kan cuma 1 orang…
6. Nah ini yang repot: nggak boleh nyalain handphone! Wah, selesai kan buat yang janjian sama temen tapi datengnya nggak bareng?
7. Nggak boleh bawa anak-anak. Mungkin karena anak kecil berisik dan bisa bikin tempatnya berantakan.
8. Reservasi hanya bisa dibuat selama mereka buka.

irukaya coffee shop di jepang

Kalo kamu melanggar salah satu dari semua peraturan itu, kamu dipersilakan meninggalkan tempat itu dengan segala hormat. Galak ya!

Menurut orang CNN Travel yang udah pernah ke sana, Nicholas Coldicott, tempat ini memang dibuat penuh aturan karena untuk menjaga keheningannya di sana. Di Irukaya, kamu nggak cuma bisa minum kopi tapi mereka juga jual whiskey yang merk-nya langka.

Tempat ngopi kedua yang unik masih juga di Jepang, tepatnya di Tokyo. Hammock Cafe namanya. Sesuai dengan namanya, di tempat ini para tamu nggak duduk di kursi, tapi tiduran di atas hammock, itu tuh… Tempat tidur gantung yang biasanya suka ada kalo kita lagi ke pantai.

hammock cafe di jepang

Tempat ini sih nggak begitu besar, dan pemiliknya, Mahika Mano, bekerja sama dengan Hammock 2000 – sebuah perusahaan yang spesialisasinya membuat hammock, menjadikan tempat ini bukan sekedar tempat ngopi, tapi juga sebagai showroom hammock. Kamu nggak cuma bisa beli kopi dan makanan di sini, tapi juga bisa beli hammock-nya sekalian kalo mau. Ini beneran tempat ngopi yang nyantai banget sih ya. Saking nyantainya sampe nggak ada mejanya. Rada susah kayaknya kalo mau kerja di tempat ini…

hammock cafe di jepang

Supaya orang nggak tidur kelamaan di sini, setiap pengunjung yang dateng bisa tidur-tiduran di cafe selama 90-120 menit. Kopling rasa sih itu waktu yang cukup banget, soalnya emang yang dateng ke sini pasti tujuannya bukan buat kerja. Lumayan banget buat kamu yang lagi nunggu jam nonton, atau meeting, atau kemacetan pulang kantor (eh, di Jepang macetnya parah nggak ya?).

Tempat yang kedua kayaknya lebih menyenangkan daripada yang pertama ya? Kalo kamu sendiri bakalan pilih yang mana?

Fia Meta Gabriela

Fia Meta Gabriela sempat mengambil kuliah Desain Komunikasi Visual di Nanyang Academy of Fine Arts, Singapura, sebelum akhirnya ia banting setir ke dunia seni rupa ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official