Telingamu Berdenging? Mungkin Dia Butuh Kopi!

Loud_Coffee_550

Beberapa orang sering mengalami telinganya mendadak berdenging. Bukan, ini nggak ada urusannya dengan hal-hal klenik, tapi gangguan pada kesehatan yang disebut dengan nama “tinnitus”.

Tinnitus bukanlah penyakit, tapi suatu keadaan yang disebabkan oleh berbagai hal, misalnya: kehilangan pendengaran, kerusakan pada syaraf, infeksi pada telinga, kotoran yang bertumpuk di dalam liang telinga, suara yang terlalu keras, juga stres. Dan karena tinnitus ini “hanya” gangguan kesehatan dan bukan penyakit, karenanya nggak ada obatnya. Meskipun begitu, tinnitus ini sangat mengganggu, dan kadang gangguan ini semakin lama semakin bertambah karena suara yang didengar keras dan sering. Gangguan ini lebih banyak terjadi pada perempuan dibandingkan dengan laki-laki.

Kita sudah sering mendengar dan membuktikan manfaat kopi, dan ternyata tinnitus ini juga bisa dicegah dengan minum kopi. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Medicine mengatakan bahwa perempuan yang minum satu sampai dua cangkir dalam sehari dapat terhindar dari tinnitus ini.

Riset yang diadakan oleh Brigham and Women’s Hospital (BWH) di Boston ini melibatkan 65.000 orang perempuan yang sehat, yang berusia 30 – 44 tahun, dan kesimpulannya adalah perempuan yang hanya minum kopi sebanyak 150 gram sehari lebih mudah terganggu oleh tinnitus dibanding mereka yang minum 450 sampai 599 miligram kopi sehari – atau sama dengan 5 cangkir kopi dalam sehari.

Meskipun demikian, Dr. Gary Curhan, mengatakan dalam siaran persnya bahwa alasannya belum jelas. Yang mereka tahu hanyalah kafein memang merangsang sistem syaraf pusat, dan mempunyai efek langsung terhadap bagian dalam telinga manusia dan binatang. Karenanya mereka masih membutuhkan bukti lanjutan bahwa penambahan dosis kafein memang dapat memperbaiki gangguan pada telinga ini.

Jangan salah sangka dulu: Kita semua adalah pencinta kopi, tapi sebenarnya bagi sebagian orang lima cangkir kopi dalam sehari itu terlalu banyak. Di saat kafein melindungi pendengaran kita, juga mencegah diabetes, Parkinson, dan kerusakan pada mata, terlalu banyak kafein juga buruk bagi kesehatan.

Tapi masalahnya, efek negatif dari kafein nggak sering dikenali, karena dapat diterima secara sosial.

Jadi, kalau kamu nggak mengalami gangguan tinnitus ini, tetaplah minum kopi dengan jumlah yang wajar. Secangkir atau dua cangkir kopi dalam sehari itu cukup, tapi jangan lebih dari itu. Untuk menghindari tinnitus, kamu bisa mencoba cara lain seperti nggak menyalakan volume terlalu keras saat mengenakan headset, dan ketika menonton sebuah konser, jangan mencari tempat di dekat alat pengeras suara. Juga jangan malas untuk membersihkan telinga, dan banyak bersyukur. Apa hubungannya? Karena ketika kita bersyukur, kita jadi nggak terlalu stres – yang menjadi salah satu penyebab tinnitus ini.

Salam sruput!

sumber gambar: risingabovethenoise.com

#NotABugSplat: Kami Bukan Mangsa

Kapan terakhir kali emosi kamu nggak terkendali dan melukai orang lain? Ketika sedang emosi, terkadang kita nggak berpikir dua kali dalam melakukan sesuatu. Padahal, dalam ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official