Meramal Sifat Dengan Alat Pembuat Kopi

Mesin kopi itu, sama kayak manusia, bentuk dan namanya macam-macam. Dan tentunya, kayak manusia juga yang cara pendekatannya beda-beda, mesin kopi meskipun semuanya fungsinya untuk bikin kopi, cara kerjanya juga beda-beda.

Waktu lagi mampir ke Toodz House, Kopling ngeliat sedikitnya ada lima macam jenis alat pembuat kopi yang ada di sana. Terus kami mikir, kenapa ya harus beda-beda gitu kalo fungsinya sama aja? Ya, mungkin karena pemilihan tiap barista terhadap mesin kopi juga beda-beda ya, sesuai dengan selera mereka masing-masing.

Kalo kamu seorang penggemar kopi yang memilih untuk bikin kopi sendiri di rumah, tentunya kamu juga sedikitnya punya satu dari alat kopi yang tersedia di pasaran kan? Atau, mungkin kamu rajin datang ke sebuah coffee shop tertentu karena kopi buatan baristanya enak banget?

Kopling terus bertapa sepulang dari @toodzhouse (iya, ini lebay, memang) untuk nyari tau kenapa tiap orang milih alat pembuat kopi tertentu. Bisa jadi ini karena selera tiap orang itu terhadap orang lain juga berbeda ya? Dan inilah hasil pertapaan Kopling:

Espresso Machine

espresso-machine

Espresso machine adalah mesin kopi yang menyeduh kopi dengan cara menekan air sampai hampir mendidih sehingga menghasilnya kopi yang kental. Orang yang milih untuk bikin kopi dengan espresso machine ini bisa jadi adalah orang yang sangat tradisional dan konservatif, apalagi kalo milihnya yang manual dan bukan yang otomatis. Orang ini juga bisa jadi suka yang serba cepet tapi kreatif, soalnya minum espresso nggak bisa lama-lama kan? Lain cerita kalo dia udah mengkreasikannya jadi cappuccino, con panna, atau affogato!

AeroPress

aeropress

Kopi dimasukkan selama 10-50 detik ke dalam mesin ini kemudian dipaksa keluar melalui sebuah filter dengan cara menekan pegangannya. Uniknya, cara membuat kopi dengan Aeropress ini ada 2 macam: inverted atau non-inverted method. Orang yang lebih milih bikin kopi pake AeroPress ini bisa jadi orang yang tahan terhadap tekanan dan ketika dia mengalami stress, dia justru akan semakin berprestasi, bukannya malah patah semangat. Mereka juga cenderung praktis, dinamis dan mandiri, sama kayak alatnya yang praktis banget buat dibawa traveling dan bisa menghasilkan bermacam-macam rasa kopi tergantung dari metode yang dipakai.

V60

v-60

Ini juga jenis mesin kopi ya, bukan tipe mobil Volvo. Bukan. Mesin ini dikenal mempunyai filter yang lebih halus. Jadi kemungkinkan orang yang milih mesin kopi jenis ini adalah orang yang kalo ngomong itu disaring banget dan selalu mikirin perasaan orang lain. Orang yang suka kopi dengan alat V60 juga pasti sabaaar banget, sangat peduli proses, dan fokus banget sama kerjaannya, soalnya proses nyeduhnya bisa sampai 2-3 menit dan air untuk nyeduhnya harus dituang perlahan searah jarum jam. Jadi, kalo kamu ngerasa memenuhi semua kriterianya dan pengen nyoba bikin, langsung aja baca cara bikinnya secara detail di sini.

Clever Dripper

Clever-Dripper

Kopi disaring, lalu ditambahkan air hingga mendidih. Tutup dengan piring kecil. Angkat tutupnya, lalu aduk dan diamkan selama 4 menit. Sebenernya alat ini mirip dengan V60, cuma Clever Dripper mempunyai corong yang bikin air ngalirnya lebih cepet dari V60. Jadi, para penyuka Clever Dripper ini pasti orangnya cukup berorientasi pada proses, tapi lebih bosenan.

Cold Dripper

cold-drip

Kopi diproses di suhu kamar atau dengan air dingin pada jangka waktu yang cukup lama. Nggak, jangan kecepetan ngambil kesimpulan. Orang yang milih untuk bikin kopi dengan alat ini bukan orang yang dingin, justru dia adalah orang yang berperasaan halus, mellow, tapi juga elegan dan pandai menyesuaikan diri. Yang jelas orang harus sabar sih menghadapi dia, soalnya kerjanya pelan meskipun seimbang juga dengan hasilnya. Bayangin aja, satu tetes kopi per 1-2 detik, kapan selesainya tuh? Hehehe… Oh iya, orang yang milih alat ini juga mungkin punya jiwa geek, soalnya penampakan alatnya mirip seperti botol-botol yang ada di lab!

 

Sekian laporan hasil pertapaan Kopling tentang alat pembuat kopi dan hubungannya dengan kepribadian seseorang. Kalo kamu masih penasaran dengan cara kerja mesin-mesin itu, kamu bisa baca di artikel ini.

Salam sruput!

Kalau kamu suka dengan artikel di atas, silahkan klik banner Toodz House di atas ini dan like fb pagenya. cheers!

Holy Bubble: Sketchbook Exhibition

Menemukan promosi pameran ini via teman Kopling, Khirzan, dari Surabaya. HOLY BUBBLE Sketchbook Exhibition March 25-26 2017 Start from 12 PM – 9 PM at ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official