Menjelajah Kopi Indonesia ke Bagian Sulawesi

Setelah Senin lalu kita berkelana ke Afrika untuk menjelajah kopi dari Kamerun, sekarang kita kembali dulu ke Indonesia. tepatnya, Sulawesi. Kamu tau bukan apa yang khas dari Sulawesi? Ya! Kopi Toraja Kalosi. Kita akan mengenal lebih dalam mengenai kopi toraja, kopi yang digadang-gadang sebagai Queen of Coffee.

Kopi Sulawesi bisa menjadi perhiasan dari Indonesia. Alasannya adalah bahwa beberapa kopi dari Sulawesi Selatan yang tumbuh pada ketinggian belum pernah terjadi di pulau-pulau lain di Indonesia. Secara tradisional, kopi Sulawesi telah diproses menggunakan metode wet-hull dengan cara yang sama seperti kopi Indonesia lainnya. Proses ini yang menentukan banyak rasa pada kopi tersebut, seperti keasaman yang rendah,  full body, dan tergolong ringan. Kopi di Sulawesi diproses sedikit berbeda, kopi dikeringkan di kelembapan rendah seperti yang dilakukan Amerika Tengah, kemudian baru dikuliti untuk ekspor. Ini dilakukan karena kopi akan menghasilkan rasa yang clean dan tidak pekat.

Kopi toraja kalosi merupakan nama sebuah kopi yang berasal dari dua daerah yang berbeda. Biji kopi toraja kalosi di tanam di daerah pegunungan tinggi Sulawesi Selatan. Kalosi adalah nama kota kecil di Sulawesi yang merupakan tempat pengumpulan kopi dari daerah sekitarnya. Toraja adalah daerah pegunungan di Sulawesi, tempat dimana tumbuhnya kopi ini.

BONE-BONE : Desa Bone-Bone, kecamatan Baraka, kabupaten Enrekang berhasil menjadi kawasan tanpa asap rokok. TEMPO/Irmawati

BONE-BONE : Desa Bone-Bone, kecamatan Baraka, kabupaten Enrekang berhasil menjadi kawasan tanpa asap rokok. TEMPO/Irmawati

Kopi arabika Kalosi Bone-Bone asal Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan terpilih sebagai salah satu biji kopi terbaik nasional bersama 34 jenis kopi yang tumbuh di Indonesia. Kopi Bone-Bone tumbuh di Pegunungan Latimojong, Kecamatan Baraka. Nama Bone-Bone sebelumnya, telah menyita perhatian dunia karena menjadi satu-satunya desa di Indonesia yang bebas dari asap rokok.

Karena toraja kalosi sendiri sudah sangat tenar, kita akan menjelaskan saudaranya yaitu Kalosi Bone-Bone. Dalam kontes Kopi Specialty Indonesia 2008, kopi ini ditetapkan sebagai kopi arabika terbaik nasional.

source: rakyatsulsel.com

source: rakyatsulsel.com

Enrekang adalah wilayah di selatan Tana Toraja di Sulawesi Selatan, dengan dataran-datarannya yang tinggi. Di Enrekang inilah terdapat Desa Bone-Bone, desa kecil yang dinominasikan sebagai “Desa terbaik di Sulawesi”. Karena walikota melarang penjualan rokok maupun junk food di kota ini! Di Indonesia, merokok hampir menjadi budaya di kalangan remaja, terutama di pedesaan. Namun, Bone-Bone tidak mau itu terjadi. Bone-Bone membuat daerahnya terisolasi dari asap rokok dan makanan cepat saji. Wow!

Untuk ke kebun kopi, perjalanan agak cukup sulit karena medan yang tinggi dan sangat berlumpur jika musim hujan. Tapi, perjuangan untuk mencapai kebun ini sesuai dengan hasil yang didapat. Kopi Bone-Bone memiliki karakteristik sendiri yaitu thick-bodied dan manis yang tersesap, juga muncul rasa buah, herbal, yang didominasi aroma apel dan rempah. Sekali lagi, kamu sudah tahu bukan rasa juga dipengaruhi oleh proses sangrai? Dengan full city roast, wangi manis akan terasa. Manisnya ditandai dengan pektin dan rasa buah. Jika mencecap Kopi Bone-Bone, disesap pertamanya muncul karakteristik dari rasanya, disesap berikutnya kamu akan dibawa pada suasana pedesaan khas Sulawesi yang tenang.

Duh, jadi pengen ngopi kan. Nyeduh dulu yuk!

Salam sruput!

About author

Berjalanlah agar Otak Lebih Kreatif!

Kita mengerti bahwa setiap orang membutuhkan inspirasi yang mana inspirasi tersebut kita cari dalam berbagai cara, membaca buku, mendengarkan musik, menonton film, dan lain-lain. Tapi, ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official