Kalori Dalam Secangkir Kopi

kalorikopifeatured

Ada begitu banyak jenis minuman kopi yang sangat enak yang ada di coffee shop yang bisa kamu pilih tapi malah merusak pola makan. Dan beberapa dari kamu pasti nggak bisa hidup tanpa kopi karena kopi dibutuhkan untuk bekerja. Kalo kamu seorang pencinta kopi dan kamu curiga bahwa berat badan kamu susah banget turunnya karena kopi, mungkin bisa jadi memang cara ngopi kamu harus diubah. Bukan salah kopinya sebenernya, karena kopi nggak bikin gemuk. Tambahan-tambahan yang dimasukkin ke dalam kopi itu yang bikin berat badan kita terus membengkak. Jadi, gimana caranya supaya ngopi tapi badan tetep oke?

Kopi Hitam
Jumlah Kalori: 0

Sebenernya, kopi hitam tanpa gula itu kalorinya nol. Bukan cuma itu, satu cangkir kopi hitam yang kamu minum itu mengandung sekitar 80-100 mg kafein yang cukup untuk jadi penahan nafsu makan. Ini sebabnya orang yang ngopi di tanpa sarapan di pagi hari suka ngerasa kenyang sampai siang. Kalo kamu memang beneran kepengen ngurangin berat badan dan tetep harus ngopi, ini pilihan yang paling tepat, sebenernya.

Macchiato
Kalori: ±90 (susu full cream)

Macchiato adalah espresso yang ditambahkan setitik susu. Secangkir macchiato umumnya mengandung sekitar 4 gram susu, 80 gram kafein, dan 3 gram protein. Karena susunya hanya sedikit, menyesap secangkir macchiato nggak akan terlalu berpengaruh untuk pola makan kamu, tapi mungkin jumlah kafeinnya bisa bikin kamu jadi tambah semangat beraktivitas.

Cappuccino
Jumlah Kalori: ±95 (susu skim) atau ±150 (susu full cream)

Cappuccino adalah espresso ditambahkan susu yang dibuat dari susu full cream atau susu skim. Meskipun minuman ini bukan pilihan terbaik bagi kamu yang lagi pengen ngurangin berat badan, komposisi susunya adalah sumber protein dan kalsium yang baik buat tulang. Jadi, kalo kamu mau buatlah secangkir cappuccino dengan susu nonfat, skim milk. Rasanya mungkin akan berubah sedikit karena susunya jadi nggak terasa begitu creamy, tapi kalori yang kamu konsumsi jadi lebih sedikit.

Caffe Latte 
Kalori: ±225 (susu full cream) atau ±135 (susu skim)

Latte dibuat dari espresso ditambahkan susu dengan jumlah yang lebih banyak dari cappuccino. Setiap cangkirnya mengandung kurang lebih 10 gram protein susu, 5 gram lemak – jumlah yang sama dengan sebungkus butter. Meminum secangkir latte yang dibuat dari susu full cream sebenarnya sumber protein yang baik. Jadi, kalo kamu lagi pengen ngurangin asupan lemak dan kalori, coba deh minum latte yang dibuat dari susu skim. Jumlah protein dan kalsiumnya masih tetep sama kok.

Mocha
Kalori: ±310 (susu full cream) atau ±230 (susu skim) 

Mocha adalah espresso yang ditambahkan dengan susu, sirup coklat, dan whipped cream. Minuman ini memiliki kalori paling tinggi dibandingkan minuman-minuman kopi lainnya di atas karena kandungan lemaknya juga banyak, yaitu sekitar 10 gram lemak, ditambah dengan 80 mg kafein. Konon, meminum segelas minuman mocha ini sama dengan memakan satu bar coklat!

 

Kesimpulannya, kopi itu nggak akan bikin gemuk asal dibuatnya pake susu skim atau susu tanpa lemak, selain itu nggak dibuat terlalu manis dan juga jangan pake whipped cream. Sesederhana itu. Dalam diet, apapun makanan dan minumannya, tetap harus memperhatikan jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh, termasuk dalam kopi.

Yuk ngopi tanpa takut jadi gemuk!

Sumber foto: truvia.com

Isrol “Medialegal” Triono

Isrol merupakan ilustrator otodidak yang belajar menggambar dari satu sanggar ke sanggar lain. Dunia menggambar ditemukannya sewaktu Isrol SD, sejak dia menonton kartun HE-MAN, Dragon ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official