Membedah Kopi Dalam Cangkir

kandungan di dalam secangkir kopi

Setiap kita beli sesuatu di supermarket, pasti kita sering ngecek ingredients-nya kan? Nggak selalu sih. Kebanyakan yang begini sih ibu-ibu atau orang yang peduli banget sama kesehatan, juga orang yang lagi diet ketat.

Pernah nggak kepikiran apa yang ada di dalam secangkir kopi? Kita kan biasa mikirnya ya pastinya bubuk kopi yang asalnya dari biji kopi aja. Padahal biji kopi itu sendiri sifatnya kompleks, lho. Nggak usah belajar biologi atau kimia sih, tapi iseng-iseng kita cari tau yuk: apa yang ada di dalam setiap cangkir kopi yang kita minum!

Kafein

Ini sih udah pasti ya. Nah, pernah nyari tau nggak sih apa yang ada di dalam kafein ini sampe beberapa orang nggak bisa tidur kalo minum kopi? Ini jawabannya: karena di dalam kopi itu ada alkaloid plant toxin-nya, seperti yang terkandung di dalam nikotin dan kokain. Tapi efeknya kan cuma bikin mata jadi melek, nggak mematikan seperti rokok dan kokain. Jadi tenang aja. Hehehe…

Air

Yang punya rumus kimia H2O. Air ini dibutuhkan buat melarutkan minyak dan rasa yang ada di dalam biji kopi. Takaran yang baik untuk secangkir kopi adalah 98.67% air dan 1.25% bubuk kopi yang mudah larut. Kafein mengandung zat yang bikin orang jadi beser, jadi nggak heran kalo orang yang jarang minum kopi jadi “ketagihan” ke kamar kecil.

2-Ethyphenol

Zat ini seperti tar, aroma yang dihasilkan oleh mulut kita saat kita baru bangun tidur. Semacam bau jigong gitu deh. Haha. Zat kimia ini mengandung pheromone juga.

Quinic Acid

Ini yang bikin rasa asam pada kopi. Ada kopi yang asem banget, ada yang nggak, tergantung spesiesnya. Dan tiap di tiap spesies kopi, kadar quinic acid-nya juga beda-beda. Zat ini adalah zat kimia yang juga dipake dalam pembuatan obat flu, seperti Tamiflu.

3,5 Dicaffeoylquinic Acid

Bener nggak sih kalo kopi itu mengandung anti-oksidan? Bener dong! Zat inilah yang jadi penyebabnya. Selamat terlindungi dari radikal bebas karena minum kopi!

Dimethyl Disulfide

Kadarnya lebih banyak ada di biji kopi yang masih hijau alias belum dipanggang. Berita nggak enaknya, zat inilah yang bikin kotoran manusia berbau. Hmmm…

Acetylmethylcarbinol

Pernah nggak kamu ngerasain bahwa kopi yang kamu minum itu rasanya sedikit gurih kayak mentega? Zat inilah penyebabnya. Bentuknya cair dan warnanya kuning. Zat ini juga dipakai untuk ngasih rasa mentega di popcorn yang dipanggang di dalam microwave.

Putrescine

Kenapa daging bisa busuk? Ya karena zat inilah. Zat ini terbentuk ketika bakteri E. coli di dalam daging berubah menjadi asam amino. Zat ini juga ada di dalam kopi, sebenernya.

Trigonelline

Inilah yang bikin kopi rasanya jadi manis, tapi rasa manis yang baik hati karena nggak ngerusak, bahkan melindungi gigi dari kerusakan. Orang yang rajin minum kopi giginya nggak gampang berlubang lho…

Niacin

Ini yang menyebabkan kita nggak boleh minum kopi banyak-banyak, karena bisa menyerap vitamin yang dbutuhkan oleh tubuh kita, Cukup 2-3 cangkir espresso aja dalam sehari minumnya ya, sayang. Hehe…

Convey: an Exhibition of Young Artists

Mari mengunjungi Pameran CONVEY dan mengapresiasi karya lima seniman muda di semAta gallery for kids, Jl Boscha 3 no 147! CONVEY Pameran oleh: Francisco Franklin ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official