Memasak Pakai Coffee Maker

Kepikiran nggak kalo alat untuk buat kopi itu juga bisa dipake buat masak? Nggak cuma sekadar praktis aja sebenernya, tapi juga menghemat listrik. Kompor listrik, apalagi microwave itu, lebih banyak ngabisin listrik dibanding coffer maker, lho. Ya, tergantung merk dan tipenya juga sih…

triptych2_wide-e661f73921845ab14e702bc49aefec9c580a936f

Buat kamu yang suka traveling dan terpaksa harus sering nginep di hotel selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan, kalo makan di luar terus kan tekor juga ya. Kenapa nggak memanfaatkan coffee maker yang ada di dalam kamar hotel aja? Tinggal ke supermarket yang paling dekat dengan hotel tempat kamu menginap, beli bahan mentahnya, lalu oleh sendiri. Buat orang yang lebih suka masakan rumah, tentunya cara ini patut dicoba.

Untuk sarapan pagi, kamu bisa masak oatmeal dengan alat ini. Tinggal masukin oatmeal instan dua bungkus ke dalam carafe (kontainer gelas kopi), tambahin madu, sedikit garam, tambahin air, nyalain, jadi deh sarapan kamu dalam waktu lima menit.

Mau rebus telur? Tinggal taruh telurnya hati-hati di dalam carafe. Gampang kan? Cara ini juga bisa dipake kalo kamu mau buat mi instan. Kalo kamu nggak bisa mengganti makanan pokok kamu dengan nasi, kamu juga bisa menanak nasi di dalam coffee maker dengan cara yang sama. Bisa juga dipakai untuk merebus sayuran, setelahnya.

Ada seorang pensiunan fotografer yang berasal dari Amerika Serikat, Jody Anderson, yang keponakannya baru pulang dari Afghanistan. Kata sang keponakan yang tentara ini, di asrama tentara masakannya sangat nggak enak, tapi untungnya di setiap kamar disediain coffee maker. Jody lalu membuat kumpulan resep yang mengirimkan resep-resep itu ke sang keponakan, dan sekarang resep-resep itu dibukukan.

Menurut Jody, alat untuk bikin kopi bisa dipakai untuk melakukan 3 teknik dalam memasak:

1. Mengukus: “Keranjang” di bagian atas coffee maker itu adalah tempat yang tepat untuk memasak sayuran.
2. Merebus: Carafe yang letaknya ada di dasar mesin itu bisa dipakai untuk merebus ikan, ayam, telur, dan sebagainya.
3. Memanggang: Cara ini sedikit lebih sulit dan lebih makan banyak waktu. Kalo kamu kepengen bikin roti panggang, kamu bisa juga membuatnya dengan burner yang ada di dalam coffee maker itu.

Tapi jangan lupa setelahnya alatnya dicuci bersih ya. Nggak asik kan nanti kalo kopi kamu jadi bau amis ketika mau dipakai untuk buat kopi.

final_wide-38a054ec914018072b34df6443919a69abd2a438-s4-c85

Ini adalah salah satu hasil kreasi si alat kopi: poached salmon, brokoli rebus, dan couscous! Keliatannya enak banget ya?

 

Selamat mencoba!

Sumber gambar: npr.org

Tentang Perfeksionisme

Menjadi seorang perupa bukan hanya soal skill atau prestasi, melainkan memiliki sebuah sikap yang merupakan refleksi cara berpikir dan memandang dunia, terutama memandang diri dan kekaryaan kita ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official