Manfaat Kopi bagi Kehidupan Sosial

Seperti yang kita tahu, keberadaan kopi sejak awal adalah manfaat bagi tubuh. Beragam kandungan yang terdapat dalam kopi memberi khasiat yang luar biasa. Tapi, di luar manfaat bagi tubuh, ternyata kopi memberikan kontribusi juga pada kehidupan, lho. Kopi menjadi sumber ide dalam pembuatan sesuatu.

Seperti yang akan kita bahas kali ini:

Coffee Cup Inspires Innovative Shelter

Setelah kehancuran dan buruknya manajemen bantuan untuk korban badai Katrina di New Orleans, Mississippian, beberapa waktu lalu, Michael McDaniel bertekad untuk mengembangkan solusi untuk mencegah inefisiensi dan pemborosan jika kembali terjadi bencana di masa depan dan menghindari hal-hal buruk bagi para korban. Reaction Company bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan biaya penampungan pascabencana bagi korban, dengan membuat tempat penampungan atau shelter yang inspirasi dari secangkir kopi styrofoam.

Menurut Reaction Company, shelter yang seperti cangkir kopi styrofoam ini mudah dipindahkan ke mana-mana oleh tangan manusia, juga dapat menahan peluru. Antara satu sama lain shelter ini juga bisa ditumpuk seperti layaknya cangkir kopi yang sering kamu lihat. Sangat praktis.

shelter source: flipboard.com

shelter
source: flipboard.com

Shelter ini lebih dari sekedar penampungan yang hanya menjadi tempat berlindung korban. Shelter ini terhubung dengan teknologi modern untuk memungkinkan korban tetap terhubung dengan berita melalui sebuah aplikasi terintegrasi.

Social Enterprise Café

Sebuah kafe di Melbourne membuat café-nya dengan model social enterprise. Social enterprise adalah sebuah bisnis yang dapat dimanfaatkan untuk penyelesaian masalah sosial. Kinfolk Café di Bourke Street, Melbourne, telah merancang kafenya menjadi social enterprise sejak 2010. Pelanggan dapat memilih mana keuntungan dari penjualan kopi mereka pergi: ke salah satu dari empat organisasi masyarakat di Melbourne, Palm Island, Ghana dan Rwanda. Idenya adalah pemberdayaan melalui kemampuan untuk membuat perubahan dari di rumah.

kinfolk cafe source: chelseatellstories.com

kinfolk cafe
source: chelseatellstories.com

Di café ini, menu yang dihadirkan berbeda-beda, ini diharapkan pelanggan memberikan kesan yang berbeda pada tiap makanan. Café ini tentu memberikan sesuatu sebagai ucapan terima kasih kepada pekerja di sana. Ada 6 pekerja purnawaktu dan 30 sukarelawan yang pada satu saat dibutuhkan.

Art Theraphy

Ada yang unik dari kafe yang satu ini, mereka menjadikan peralatan untuk menghidangkan kopi sebagai alat terapi. Therapy Cafe di Republik Ceko menawarkan sesi terapi seni sebagai cara untuk pecandu untuk mengatasi ketergantungan, di mana tempat melakukan terapi mealui peralatan yang ia gunakan untuk melayani makanan.

therapy cafe source: http://trndmonitor.com/

therapy cafe
source: http://trndmonitor.com/

Restoran ini bekerja sama dengan SANANIM, sebuah tempat rehabilitasi bagi orang-orang yang kecanduan. Prang-orang dengan kecanduan dapat mengunjungi tempat workshop di mana ia bisa membuat keramik dan lilin sebagai bagian dari terapi, ini disebut sebagai terapi seni. Keramik serta lilin dari buatan mereka akan dijual di toko kafe, bahkan ada yang digunakan langsung untuk melayani pengunjung. hal ini ditujukan sebagai bentuk terapi dan membuat pekerjaan juga bagi mereka dengan langsung menjual hasil karyanya kepada pengunjung. walaupun restoran ini ditujukan untuk recovery addicts, tapi restoran ini tetap terbuka untuk umum.

KereKere Café

KereKere ini hanya sekadar nama dan jangan kamu terjemahkan ke dalam bahasa sehari-hari, ya! Hehe… Sama halnya dengan Social Enterprise Café, KereKere Café yang ada di Australia ini menggunakan konsep social enterprise ke dalam café-nya.

KereKere Cafe source: assemblepapers.com.au

KereKere Cafe
source: assemblepapers.com.au

Ketika kamu membeli kopi di sini, kamu akan diberikan satu kartu di mana kamu diminta memilih antara sosial, lingkungan, kesehatan, atau budaya yang menjadi fokus sumbangan dari kafe ini. Di akhir bulan, para pegawai memutuskan mana kartu yang paling banyak dipilih dan lekas disumbangkan.

About author

Seniman-Seniman Besar nan Nyentrik

Seniman itu identrik dengan nyentrik. Masalahnya, ada yang nyentriknya “bener”, ada juga yang nyentriknya “ganggu”, atau bahkan sampe merugikan diri mereka sendiri. Siapa aja seniman ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official