Kopi Telur

kopi-telur

Nggak cuma mentega yang bisa jadi alternatif buat campuran kopi selain susu, tapi juga telur. Pernah denger atau bahkan udah pernah minum “kopi telur”? Kopi ini nggak cuma ada di Swedia, Norwegia, dan Skandinavia, tapi juga populer di Vietnam (Cà Phê Trứng). “Kopi telur” ini, sesuai dengan namanya, adalah kopi yang dicampur dengan telur mentah. “Kopi telur” ini cocok diminum buat sarapan pagi, terutama untuk memulai hari yang membutuhkan stamina dan energi, sementara kamu harus buru-buru dan nggak sempet makan telur buat sarapan dan minum kopi sekaligus.

Tapi, kenapa telur?

1. Karena telur mempunyai bahan perekat yang luar biasa, sekaligus melembutkan bahan makanan.
2. Karena telur kayak dengan nutrisi, seperti kolin, vitamin E, vitamin A, vitamin K2, omega-3, vitamin D, dan beta karoten, hasil makanan si ayam peternak.
3. Karena kuning telur rasanya gurih.
4. Karena vitamin E dalam kuning telur mencegah oksidasi dan ini sejalan dengan “tugas” kopi yang kaya antioksidan untuk mencegah proses oksidasi.
5. Telur membuat bubuk kopi nggak ngambang-ngambang di atas cangkir atau poci kopi, jadinya kopinya terlihat lebih bening.

Kepengin nyoba gimana rasanya? Yuk, kita coba buat sendiri!

Bahan:

1. 1.5 cangkir (350 ml) kopi
2. 3 butir kuning telur
3. 1 sendok teh gula
4. 1/4 sendok teh garam

Cara pembuatan:

1. Seduh kopi dengan French press, tambahkan 350 ml air, dan aduk dengan cepat.
2. Tutup, lalu diamkan selama 3 menit,
3. Masukkan kopi ke dalam blender dengan kecepatan rendah, masukkan kuning telur.
4. Setelahnya, masukkan gula dan garam, dan blender terus sampai semuanya tercampur.
5. Minum.

20110410-egg-grounds-500

Kalo kamu nggak suka dengan rasa kuning telur mentah, kamu bisa nyampur telurnya dulu sama bubuk kopinya sebelum didihkan. Orang Norwegia bahkan nggak cuma pake kuning telur aja, tapi putih telur dan kulit telurnya juga dimasukkin… Kita nggak usah pake kulitnya lah ya, kecuali kalo kamu penasaran kepengen tau gimana rasanya. Hehe. Konon katanya kulit telur itu mengandung kalsium, tapi kebanyakan dipakenya buat pakan ternak sih.

Kamu juga bisa nambahin kopi telur kamu pake bubuk kayu manis atau vanilla, kalo takut sama bau amisnya. Kalo kamu nggak mau pake gula, juga bisa diganti pake madu.

Kopi telur ini rasanya lebih lembut dibanding kopi biasa, dan mirip cream egg rasa mocha atau tiramisu. Yummy banget kan? Pahitnya nggak terlalu terasa dan kekentalannya juga pas, meskipun keliatannya bening.

Kalo kamu udah nyobain, kasih tau ke Kopling ya, gimana rasanya menurutmu?

 

Sumber foto: legalnomads.com dan beberapa sumber lainnya.

Seruput Kopimu, Cintai Lingkunganmu!

Satu hal yang mungkin luput dari perhatian para penggemar kopi ketika menyeruput kopi to-go mereka adalah sampah gelas yang ditinggalkannya. Cangkir dan gelas sekali pakai ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official