Kopi Sisa dapat Membantu Kita Melawan Pemanasan Global!

Entah dengan latte atau kopi hitam, secangkir kopi di pagi hari adalah salah satu pilihan yang wajib ditunaikan di pagi hari.

Para peneliti telah menemukan bahwa dalam jumlah besar, ampas kopi yang biasanya digunakan untuk pupuk kompos atau berujung di tong sampah, dapat digunakan untuk memerangi pemanasan global. Hal ini karena ampas kopi memiliki kemampuan mereka untuk menyimpan metana.

Dengan alasan tersebut, ilmuwan telah mengembangkan sebuah proses sederhana yang memungkinkan ampas kopi menyerap metana – gas rumah kaca yang jauh lebih kuat daripada CO2 – dari atmosfer.

Dan proses ini telah dikembangkan ke tahap yang lebih baik, para ilmuwan telah memanfaatkan metana yang dapat digunakan menjadi sumber energi listrik, menyediakan sumber energi yang lebih bersih daripada bahan bakar fosil lainnya.

source: www.installitdirect.com

source: www.installitdirect.com

Proses yang dikembangkan oleh para peneliti di Ulsan National Institute of Science and Technology di Korea Selatan ini melibatkan ampas kopi yang direndam dengan natrium hidroksida dan pemanasan campuran yang dihasilkan sampai dengan 900C dalam tungku.

Proses ini murah karena bahan baku dasarnya mudah didapat dan tersedia bebas. Hal ini juga efektif untuk “menangkap karbon” materi dalam waktu kurang dari satu hari – sebagian kecil dari waktu yang dibutuhkan untuk membuat bahan menangkap karbon lainnya.

Ide ini berawal dari waktu minum kopi. Saat sedang duduk sambil minum kopi dan melihat ampas kopi saat habit, Christian, sang penemu ide, berpikir untuk memanfaatkan ampas kopi ini sebagai penyimpan metana. Dari situ ia bersama teman-teman di Pohan Universitas Sains dan Teknologi meneliti untuk memanfaatkan ampas kopi tersebut.

Hal besar yang didapat dari ide ini adalah kita berhasil mengurangi waktu fabrikasi dengan menggunakan bahan yang murah. Sebab bahan logam atau bahan kimia organik sangat mahal, ampas kopi, yang termasuk bahan limbah bebas ini dinilai efektif untuk memberikan manfaat.

Penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Nanoteknologi dan didasarkan pada tes menggunakan ampas kopi menghabiskan ampas kopi Kolombia, dark roasted, fine ground. Ini bukan pertama kalinya bubuk kopi telah digunakan untuk tujuan lingkungan. Di tempat lain, mereka telah berubah menjadi bahan biomassa yang dapat dibakar untuk membuat bentuk alternatif energi.

Sebuah kemajuan besar untuk minuman yang kita cintai ini yah!

About author

Mewarnai dengan Tanaman

Sebenarnya, cara terbaik untuk menghias sebuah kota itu bukan dengan lampu, tapi dengan tanaman. Selain indah, kota yang kita huni juga semakin hijau. Belum lagi ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official