Kopi Dekafeinasi: Benarkah Bebas Kafein?

Penggila kopi yang mengubah cara minum kopi ke decaffeinated coffee (kopi tanpa kafein) untuk alasan kesehatan mungkin perlu membaca ulang literatur-literatur atau bacaan tentang kopi yang pada dasarnya kopi dekafeinasi tidak benar-benar bebas kafein. Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Florida menyimpulkan bahwa kopi dekafeinasi mengandung zat kafein.

Kafein adalah zat yang paling banyak dikonsumsi di belahan bumi ini. Cara mengonsumsinya pun beragam, tapi melalui kopi kafein banyak dikonsumsi. Kopi menjadi jalur utama dalam konsumsi kafein, sehingga beberapa orang yang menikmati kopi tapi ingin menikmatinya tanpa kafein mereka memilih kopi dekafeinasi.

Kamu tau tidak, diri kita ini memiliki ambang batas untuk mengonsumsi kafein. Nah, penelitian dari University of Florida mengatakan bahwa jika seseorang meminum 5  kopi dekafeinasi, jumlah kafein ini justru lebih cepat mencapai ambang batas manusia daripada orang yang meminum satu atau dua cangkir kopi nondekafeinasi. perbandingan ini disebut imbang karena peminum kopi dekafeinasi cenderung mengonsumsi lebih dari dua atau tiga gelas kopi per hari karena beranggapan kopi dekafeinasi benar-benar bebas kafein. Ini penting bagi mereka yang menginginkan kopi tapi tanpa kafein, orang-orang seperti itu akan merasa aman mengonsumsi kopi dekafeinasi terus-menerus karena beranggapan bahwa kopi yang mereka minum memang tanpa kafein.

source: secure.teeccino.com

source: secure.teeccino.com

Penelitian yang membuktikan bahwa kopi dekafeinasi tetap mengandung kafein dilakukan dengan dua kali tahapan. Pertama, peneliti menyeduh 10-16 ons tanpa kafein untuk diuji kandungan kafeinnya.  Kafein diisolasi dari sampel kopi dan diukur dengan gas kromatografi. Hasilnya, setiap satu cangkir kopi dekafeinasi mengandung kafein sekitar 8,6 miligram hingga 13,9 miligram. kemudian, peneliti menguji juga pada kopi nondekafeinasi. hasilnya, memang lebih banyak daripada nondekafeinasi, sekitar 15, 8 miligram. ini dibuktikan dengan pembuatan espresso.  sedangkan kopi yang melalui proses brewing memiliki konsentrasi kafein mulai dari 12 miligram hingga 13,4 miligram per 16 ons porsi.

Meskipun kafein yang terkandung pada kopi dekafeinasi terbilang rendah, tapi ini bisa membuat peminumnya lebih ketergantungan dibanding mereka yang meminum kopi kafein biasa. Inilah yang perlu diluruskan dari peminum kopi dekafeinasi.

Ini poin penting bagi peminum kopi dekafeinasi bahwa ia tidak benar-benar bebas kafein.

About author

Ketika Kopi dan Seni Bercinta

Kalau YouTube sudah sering menjadi awal kisah sukses dan ditemukannya beberapa penyanyi, pemusik, dan penulis lagu, ternyata sekarang Instagram pun sudah menjadi tempat yang serupa, ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official