Kalita Wave Coffee Brewing

Alat kopi yang satu ini mungkin lebih jarang terlihat bila dibandingkan dengan alat-alat pour over coffee lain seperti Hario V60 atau Chemex. Jika kamu lihat sekilas, sebenarnya Kalita Wave mirip seperti Hario V60. Kalita Wave memang memiliki bentuk yang serupa, hanya saja terbuat dari kaca, keramik, dan stainless steel. Cara penggunaannya pun kurang lebih sama seperti alat pour over coffee lainnya. Kalita Wave menggunakan filter untuk menyaring ampas kopi agar kopi yang kita minum tidak berampas. Yang unik, bentuk filter pada Kalita Wave ini bergelombang. sehingga penuangan airnya perlu memperhatikan gelombang pada filter ini agar seimbang.

Kalita Wave berasal dari Jepang, didesain dengan bentuk yang datar untuk ekstraksi kopi. Berbeda dengan coffee dripper, Kalita tidak menunggu tetesan-tetesan seperti halnya yang terjadi pada vietnam drip. Kalita Wave bekerja seperti layaknya Hario V60, di mana ketika kamu tuang air panas pada kopi, ia akan menyaring ampas melalui filter dan air langsung turun ke dalam gelas.

Bentuk dasarnya yang datar membuat Kalita Wave mudah saat penuangan airnya. Bentuk Hario V60 yang mengerucut membuat kita harus membuat pusaran pada saat menuangkannya. Tapi dengan Kalita Wave, kita bebas menuangkan airnya, hanya saja harus rata membasahi pinggir-pinggir dari filter tersebut. Dengan bentuknya yang datar maka air akan mengalir ke semua sisi pula. Jadi, secara tidak langsung bentuk dasar yang datar memudahkan kita.

Berikut adalah tahapan jika kamu tertarik mencoba membuat kopi dengan alat Kalita Wave di rumah.

Gunakan filter kopi

source: http://ineedcoffee.com/

source: http://ineedcoffee.com/

Pasang filter pada Kalita Wave, kemudian sesuaikan dengan bentuk alatnya.

Bilas filter dengan air panas

source: http://ineedcoffee.com/

source: http://ineedcoffee.com/

Tuang air panas untuk menghilangkan zat kimia yang ada pada filter tersebut sekaligus melakukan pre-heating.

Masukkan bubuk kopi

source: http://ineedcoffee.com/

source: http://ineedcoffee.com/

Jumlah bubuk kopi yang digunakan sebenarnya tergantung preferensi kamu. Beberapa orang memasukkan 17-18 gram, beberapa orang lainnya ada yang memasukkan 29-30 gram. Ukuran grind yang disarankan adalah medium dan medium coarse.

Tuang air panas secara perlahan

Di saat memasukkan air panas dibutuhkan fokus dari si penuang. Pastikan air panas yang tertuang membasahi seluruh bagian pada filter supaya tidak ada bagian filter yang tidak terkena air. Ini dimaksudkan agar hasilnya dapat maksimal.

kalita-wave-pour-close-up

source: http://ineedcoffee.com/

Sajikan!

source: ineedcoffee.com

source: ineedcoffee.com

Sajikan selagi hangat, dan salam sruput!

About author

7 Tipe Orang Kerja di Coffee Shop

Jaman sekarang selain sebagai tempat nongkrong, coffee shop identik dengan tempat buat orang kerja atau ngadain pertemuan/meeting. Dari hasil observasi Kopling dari coffee shop satu ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official