Jadikan Kopi Pagi Sebagai Sarana Meditasi Jiwa dan Fisik

Apakah kamu pencinta kopi? Dan apakah kamu juga sering atau pernah melakukan meditasi? Terus, apa yang terjadi kalau kedua hal favorit kamu ini digabung di dalam satu aktivitas?

Sederhananya, meditasi dapat membuat hidup kamu lebih baik. Praktik ini memiliki sejumlah manfaat kesehatan: mengurangi stres dan menurunkan tekanan darah. Hal ini juga dapat membantu seseorang merasa lebih hidup – keinginan yang mengarah ke produktivitas, kreativitas, dan kenyamanan. Kalau kamu lelah setelah bekerja dan ingin menenangkan pikiran, cobalah bermeditasi untuk memperbaiki pikiran kamu sejenak.

Menurut wikipedia, Meditasi ialah praktik relaksasi yang melibatkan pelepasan pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, maupun mencemaskan dalam hidup kita sehari-hari. Biasanya dilakukan di tempat sunyi dan penuh ketenangan, di mana kita bisa fokus pada diri kita sendiri tanpa perlu memikirkan hal-hal besar perihal masalah kehidupan. Tapi, menurut Janice L. Marturano, eksekutif direktur dari Institute for Mindful Leadership, ia menyarankan untuk mencari sesuatu yang secara rutin kamu lakukan yang melibatkan indera fisikmu. Hal itu dapat membantumu untuk melakukan meditasi di mana saja. Mengingat-ingat hal ini akan membuatmu rileks. Contohnya, kebiasaan meminum kopi pagi hari.

source: stylepresso.com

source: stylepresso.com

Berikut cara meditasi kopi yang bisa kamu ubah ke kebiasaan yang berkaitan dengan fisikmu selain membuat kopi pagi.

  • Mulailah praktek ini segera saat kamu berjalan menuju tempat kamu mendapatkan kopi. Rasakan sensasi kakimu menyentuh lantai dan nikmati suara-suara di sekitarmu.
  • Setelah kamu berada di mesin kopi atau meja tempat kopi berada, rasakan cangkir kopi di tanganmu, nikmati aroma yang masuk melalui hidung dan nikmati sensasi hangat dari cangkir di tangan.
  • Jika kamu menambahkan krim atau gula, jadikan suara butiran gula saat kamu menuangkannya ke cangkir sebagai suara yang menenangkan.
  • Ketika kamu mulai memasukkan kopi ke dalam mulut, nikmati setiap tegukan dari minumanmu.

Ketika kamu melakukan hal ini, wajar jika hal lain tiba-tiba muncul di pikiranmu, kamu hanya perlu fokus dengan apa yang sedang kamu bayangkan. Marturano menambahkan, bawa pikiranmu kembali pada sensasi fisik yang kamu lakukan dengan kopi. Kamu bisa membelah distraksi tersebut dan hadir dalam meditasi minimu bersama kopi. Meditasi mini ini membuat badan dan pikiranmu agar rileks, sehingga kamu bisa sadar dengan apa yang terjadi.

Tertarik untuk mencoba?

About author

Paint for Peace

Kita tentunya belum lupa kan sama tragedi bom di Boston Marathon tanggal 15 April 2013 kemarin? Bom yang diledakin sama sepasang kakak-beradik Tamerlan Tsarnaev dan ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official