Identifikasi Kelezatan Espresso ala Orang Italia

Berbicara soal minuman, kalau mendengar kata wine mungkin kita akan langsung teringat dengan romantisme negara Perancis. Sementara itu, kita juga pasti sudah tahu kalau negara Inggris terkenal dengan budaya ngetehnya. Kalau kopi? Sebagian besar orang mungkin akan mengacu ke negara Italia. Negara-negara di Eropa ini memang memiliki khas minumannya yang mana katanya sih hanya mereka yang benar-benar tahu mana minuman yang baik atau tidak.

Tapi, logis sih. Karena memang minuman-minuman itu tumbuh dan berkembang pesat di sana. Sekarang Kopling akan ajak kalian mengenal orang-orang Italia yang mengidentifikasi kopi, apakah kopi itu bagus atau tidak. Meskipun hal ini sebenarnya relatif, tapi Italia memiliki standar sendiri dalam meramu kopi. Hal inilah yang membuat negara mereka tidak ada kedai kopi retail yang banyak tumbuh di negara lain, lho. Kamu tahu kan?

Kita akan bersama Daniela, seorang pencinta kopi dan es krim dari Kota Roma yang akan memberitahu kamu rahasia-rahasia di café tentang cara mengidentifikasi kopi.

Menurut Daniela, langkah penting yang kamu perlu ketahui untuk melihat kopimu baik atau tidak adalah dengan mendekatkan diri pada mesin espresso. Lho? Iya, kamu seharusnya boleh mendekatkan diri pada mesin espresso dan melihat langsung bagaimana proses kopi kamu dibuat. Pastikan kamu membuka mata lebar-lebar dan perhatikan setiap apa yang barista lakukan. Kamu juga bisa colong-colong ilmu dari sini. Hehe….

Daniela mengatakan kalau Italia 100% mengimpor kopi. Walaupun mereka mengimpor kopi, tapi olahan yang dihasilkan justru mantap lho. Semua kopi yang ada di Italia berhasil diolah dengan baik. Terutama, espresso yang menjadi khas italia.

Image by Richard via Flickr

Image by Richard via Flickr

Jadi, sebelum benar-benar kamu menyicip espresso, ada beberapa langkah yang bisa kamu nilai dari cara pembuatannya. Espresso adalah kopi yang singkat, yaitu sekitar 7 gram kopi yang ditekan dengan 2.5mm air. Sebelum espresso kamu dibuat, pastikan bahwa barista menyalakan air panas melalui mesin untuk menghangatkan gelas. Mengapa? Ini membersihkan gelas yang telah terpakai sebelumnya tanpa harus memberi sabun yang mana akan memengaruhi rasa dari kopi. Juga, pastikan kopi yang kamu akan nikmati adalah kopi yang fresh, baru digiling. Jika tidak, Daniela mengatakan bahwa ia adalah barista yang buruk. Sebab ini adalah langkah dasar yang harus dipatuhi oleh barista.

Image by m01129 via Flickr

Image by m01129 via Flickr

Ketika espresso terisi dalam cangkir, ini tahapan di mana kamu perlu perhatikan baik-baik. Espresso yang baik akan menimbulkan busa/bintik kecil di permukaan seperti kulit macan tutul. Buihnya tidak lebar tapi kecil-kecil. Tidak ada ruang yang kosong atau lepas dari buih tersebut. Jika ini tidak terjadi, berarti tekanan pada mesin tersebut tidak benar.

Langkah berikutnya dalam perjalanan kamu mencari espresso yang sempurna diikuti dengan menyendok buih-buih tersebut dan cium aromanya. Dekatkan hidung kamu ke arah buih dan rasakan aroma kopi. Ini akan membantu kamu untuk membedakan kopi yang baik atau tidak. Jika baunya asam, buruk. Jika tidak, baik. Lalu, minum. Ada kemungkinan bahwa jika kopi adalah asam itu telah terbakar selama proses pemanggangan. Italia menyebutnya cicorione, kalau di Inggris menyebutnya seperti rasa sawi putih. Asam dan pahit. Ini tidak baik.

Daniela mengatakan bahwa pencinta kopi di Italia tidak akan pernah menambahkan gula pada kopi mereka. Gula yang dimasukkan ke kopi akan membunuh rasa original kopi itu sendiri. kamu tidak perlu menambahkan gula ke sesuatu yang sudah begitu lezat. Ini pandangan orang Italia, jika kamu lebih suka pakai gula, maka tambahkanlah. Di sisi lain, Daniela juga mengatakan bahwa barista yang baik adalah seperti seorang sahabat. Mereka harus ingat bagaimana kamu menginginkan rasa kopi.

Ada beberapa hal yang Kopling setuju dengan pendapat Daniella diantaranya, kita boleh tahu proses pembuatan kopi kita, dari sisi penggilingan sampai penyeduhan. Hal ini selain menjawab rasa penasaran, kita juga bisa belajar dari barista langsung. Kalau barista tidak bisa menjawab atau menjelaskan, berarti salah tidak kalau kita mempertanyakan tentang ke-barista-annya?

About author

Pelukis Purba Rata-Rata Perempuan?

Selama puluhan ribu tahun, lukisan-lukisan primitif di gua-gua diduga sebagai karya-karya manusia purba laki-laki, tapi menurut penelitian beberapa ahli terkini, lukisan-lukisan primitif di gua tersebut ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official