Hati-Hati Dengan Krimer Kopi!

Salah satu alasan mengapa orang minum kopi adalah karena kopi dapat meningkatkan daya konsentrasi. Selain itu, seperti yang pernah Kopling bahas dulu, kopi itu obat anti pikun. Orang yang rajin minum kopi daya ingatnya akan lebih kuat ketimbang mereka yang nggak suka atau jarang minum kopi.

Tapi… nah ada tapinya, nih – ternyata krimer kopi justru membuat orang pikun! Sebuah penelitian menemukan bahwa pada tahun 1914 lebih banyak orang yang pikun ketimbang di tahun 1814. Salah satu penyebabnya adalah lemak trans yang mulai dipasarkan apda tahun 1911. Lemak trans ini memang lebih murah, tapi saat ini sudah dilarang beredar oleh Pemerintah Amerika Serikat.

KRIMER,-CREAMER-KERRY-,-Tlp.021-32827995,-Hp.-082115222105-(4)

Krimer kopi (sumber: blogspot.com)

Lemak trans yang terkandung dalam donat, popcorn, pizza beku, krim kue, dan krimer kopi ini dapat menurunkan daya ingat seseorang, selain juga bisa menyebabkan gangguan pada jantung, bahkan bisa jadi pemicu diabetes dan penyakit kanker. Serem banget kan?

Tapi jangan sedih, karena kita masih bisa menggantikan krimer kopi ini dengan bahan lain yang jauh lebih sehat dan alami. Apa saja?

Santan

coconutmilk2600

Santan sebagai pengganti krimer kopi (sumber: godairyfree.org)

Berbeda dengan anggapan selama ini, ternyata santan adalah sumber makanan yang sehat, karena kaya dengan vitamin dan mineral. Bahkan ada sebuah penelitian di tahun 2010 yang mengatakan bahwa kandungan trigliserida rantai menengah yang terkandung di dalam santan dapat mengurangi berat badan. Bagi orang-orang yang alergi produk yang dibuat dengan susu, santan bisa jadi alternatifnya dengan manfaat yang hampir sama baiknya.

Susu murni

milk_splash

Susu sebagai pengganti krimer kopi (sumber: ctfarmfreshstore.com)

Krimer kopi itu sebenarnya merupakan kombinasi sintetis bahan-bahan kimia, gula, minyak, dan produk susu. Jadi pilihlah krim yang dibuat dari susu murni, yang biasa kita lihat mengambang di atas permukaan susu. Meskipun kaya lemak, susu murni nggak menyebabkan peningkatan risiko penyakit jantung. Susu murni juga mengandung protein, kalsium, potassium, dan selenium.

Lemak trans yang terkandung dalam krimer kopi mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap minyak omega 3 yang dapat melindungi jantung dan otak kita.

Kalau kita mencintai diri kita, ingin punya daya ingat yang kuat lebih lama, dan ingin berumur lebih panjang, kita bisa mengusahakannya dengan memilih makanan dan minuman yang sehat.

Lain kali, Kopling akan berbagi resep cara pembuatan krimer kopi yang sehat ya. Jadi nanti kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Ikuti artikel-artikel Kopling terus, makanya.

Salam seruput!

Pameran XENO- oleh Arya Mularama

Pameran XENO- Sebuah pameran oleh Arya Mularama (juga dikenal sebagai Gogoporen) Pembukaan untuk umum diadakan hari Sabtu, 1 November 2014 Catalyst Arts Kemang Utara No ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official