Bikin Kopi Itu Nggak Gampang

Bikin kopi itu nggak semudah membalik telapak tangan. Meskipun udah terbiasa bikin kopi di rumah, coba cari tau – cara kita udah bener belum yah? Hal-hal kecil yang keliatannya sepele ternyata juga penting lho.

Secangkir kopi itu isinya 98% adalah air. Jadi rasa air itu sendiri penting banget dalam pembuatan kopi. Kalo airnya nggak enak atau mutunya nggak baik, ya kopinya jadi nggak enak. Usahakan bikin kopinya pake air yang udah di-filter. Selain itu ketepatan temperatur air juga sangat penting.

Kualitas biji kopi juga udah pasti punya pengaruh di rasa kopi kamu. Biji kopi yang dipanggangnya kurang lama atau kelamaan pasti rasanya jadi nggak enak. Yang kelamaan disimpen juga pasti nggak seenak sama yang masih seger. Kalo kepingin nyoba yang baru, beli dalam jumlah sedikit dulu. Kalo enak, baru beli lagi. Selain itu, belinya juga harus dari supplier atau toko yang memang berani ngejamin kualitas. Setelah dibuka, jangan lupa kantongnya ditutup rapat-rapat lagi, supaya nggak kemasukan udara.

Kopi itu kayak makanan. Ada yang memang harus dimakan atau diminum dalam keadaan dingin, ada yang harus diminum dalam keadaan panas. Nah kalo kamu lebih suka kopi hangat, yang paling ideal sih segera seduh setelah biji kopi selesai digiling.

Biji kopi memang harus disimpen di tempat yang sejuk dan dingin, tapi jangan simpen dalam freezer. Kenapa? Karena pas kita keluarin, biji kopinya jadi basah. Sama aja kayak ikan yang disimpen di freezer. Pas dikeluarin dan dimasak, rasanya udah beda kan? Jangan lupa, biji kopi itu paling maksimal cuma bisa disimpen selama 1-2 minggu, dan kalo udah jadi bubuk kesegarannya cuma bertahan beberapa hari aja.

Jangan kebanyakan dan kesedikitan waktu nuang bubuk kopi ke dalam cangkir, nanti hasilnya kalo kopinya nggak jadi kepaitan ya jadi terlalu encer. Coba deh make takeran yang ada di resep-resep kopi. Juga jangan kebanyakan gula atau susu. Keduanya gunanya cuma menambah rasa kopi kamu, bukannya nutupin rasa kopi yang sebenernya.

Baca instruksi di mesin kopi kamu baik-baik. Tiap mesin aturannya beda-beda. Coffee press butuh biji kopi yang digiling sekasar garam, dan untuk espresso, kopinya harus digiling sehalus mungkin. Belum punya grinder? Coba pelajarin dulu tipe grinder apa yang cocok buat kamu. Kalo semua ukurannya udah pas tapi kopinya rasanya masih juga terlalu pahit, bisa jadi karena kamu nyeduhnya kelamaan. Yang paling pas sih, kira-kira 10 menit abis diseduh langsung diminum.

Jangan lupa juga, perhatiin kebersihan alat yang kamu pake. Sebelum pake sebaiknya dicium dulu, kalo baunya nggak enak, dicuci sebelum dipake. Kalo udah lama nggak dipake, meskipun nggak bau, juga tetep harus dicuci dulu. Selain itu, bilas dulu filter kertasnya biar kopinya nggak berasa kayak kertas. Eh, tapi sebaiknya sih pake filter yang bahannya plastik atau metal sih. Lebih bersih, dan rasa kopinya juga jadi lebih terjaga.

Jadi mulai besok pagi, kamu udah bisa dong bikin kopi yang enak sendiri? Inget ya, yang penting itu: Kualitas, takaran, sama kebersihan. Kalo ketiga faktor itu kamu perhatiin, kamu aman! Buat kamu yang pengen coba-coba bikin kopi sendiri, Kopling ada lho beberapa resepnya, mulai dari cara bikin kopi hitam pake french press, kopi hitam pake metode pour overkopi susu, dan cold brew coffee.

 

Salam sruputh!

About author

The Year of Knots Karya Windy Chien

Bayangkan kamu punya karier sukses di korporasi besar dan tiba-tiba memutuskan untuk berhenti dan menjadi seniman. Mungkin ini hal yang dimimpikan banyak orang, tapi hanya ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official