Gelembung Kopi

Ada sebuah fenomena di dalam segelas minuman kopi yang mungkin sering kamu lihat, tapi nggak kamu sadari apa itu sebenarnya. Fenomena ini mirip seperti cinta atau bunga yang “bersemi”, tapi di dalam minuman kopi. “Coffee bloom”, istilahnya.

Sebenarnya apa sih coffee bloom?

coffeebloom

Coffee bloom adalah fenomena keluarnya gelembung-gelembung kecil yang terjadi di dalam kopi ketika kamu menggunakan alat kopi manual, seperti french press atau pour over. Kalo kamu pake french press, gelembung ini keluar ketika kamu menuang air panas ke dalam bubuk kopi yang udah kamu taruh sebelumnya di alat. Sedangkan kalo kamu pake alat pour over, gelembung ini keluar ketika kamu menuang air panas ke dalam bubuk kopi yang udah kamu taruh di atas coffee filter.

Coffee bloom ini biasanya terjadi kalo minuman yang dibuat berasal dari biji kopi yang baru aja dipanggang. Ketika kopi baru dipanggang 1-2 hari sebelumnya, kopi itu dibilang dalam keadaan prima. Semakin lama disimpan setelah dipanggang, semakin hilang gelembungnya.

pourover

Kenapa bisa keluar gelembung? Karena air panas yang dituang ke atas kopi akan menimbulkan reaksi kimia, yaitu C02 akan jadi menguap keluar, dan berubah jadi gelembung-gelembung di atas permukaan kopi. Gelembung-gelembung ini akan langsung bermunculan ketika ditambah air. Inilah sebabnya kenapa banyak orang yang menganjurkan untuk menuang airnya pelan-pelan, dan harus ada titik di mana harus berhenti supaya “bloom” di kopi itu kedudukannya mantap.

Kalo udah gitu, tuang lagi air melalui filter supaya bubuk kopinya masuk melalui terowongan tanpa gas. Ketika dituang secara benar, filter kopi akan membuat kopi jadi seperti huruf V.

Lebih ribet buat coffee bloom ini kalo pake french press. Begitu air panas dituang ke atas bubuk kopi di pocinya french press, kopinya langsung ngeluarin C02. Kalo biji kopinya seger banget, jumlah gelembung yang dikeluarkan malah jadi kebanyakan. Untuk mengurangi jumlah gelembungnya, biarin kopinya “buang angin” dulu.

frenchpres

Jadi sebenernya, bloom di kopi ini buruk apa nggak sih? Nggak juga, karena memang diperlukan dalam proses penyeduhan kopi. Gelembung dan angin saat penyeduhan kopi itu justru yang menguatkan aroma dan rasa kopi.

Jadi berapa takaran air yang pas buat nyeduh kopi? Kira-kira cuma 2 gram air untuk setiap gram kopi, yang penting kopinya cukup basah aja. Air ini yang akan memaksa C02 keluar dan menguatkan rasa serta aroma. Kalo air yang dituang kebanyakan, rasa yang penting dari kopi itu sendiri akan misah dan mengendap di cangkir. Proses ini nggak cuma terjadi saat pembuatan espresso, tapi juga dalam pembuatan minuman kopi non-espresso yang dibuat dari biji kopi yang segar.

Analogi coffee bloom kurang lebih seperti ini: Misalnya kamu duduk di kursi belakang sebuah mobil yang penuh barang, tapi mendadak 1-2 orang teman kamu mau ikutan duduk di sana dan mau nebeng ke suatu tempat. Mereka nggak akan bisa duduk sebelum barang-barang yang ada di kursi belakang itu kamu keluarin. Begitulah kurang lebih.

Jadi, selamat menyeduh kopi teman-teman. Salam srupuuuuth!

Mosaik Kopi Terbesar

Ada yang bisa tebak, ini gambar apa? Wuih, betul! Itu gambar biji kopi yang sudah di roast. Biasanya, biji kopi digunakan sebagai bahan utama segelas ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official