Fakta Mengejutkan Tentang Kopi

funny-coffee-grain-sugar-beans-132312

Masih ingat dengan fakta dan mitos kopi yang pernah dibahas Kopling?  “Katanya begini, katanya begitu.” Jangan cuma katanya, kita ulik lagi yuk beberapa kebenaran tentang kopi yang sering kita denger di sana-sini!

“Kopi adalah komoditi terbesar kedua di dunia setelah minyak.”

Faktanya adalah: Bisa jadi, tapi belum ada penelitian yang pasti untuk itu, karena semua tergantung cara pandang masing-masing. Nggak ada angka yang jelas untuk ini.

“Kalo kopinya digilingnya halus banget, pake sedikit aja udah mantep.”

Faktanya adalah: Lebih pahit mungkin iya, tapi lebih kuat nggak. Pahit itu beda sama kuat. Ukuran perbandingan airnya juga penting.

“Kopi organik kualitasnya lebih bagus dan rasanya juga lebih enak.”

Faktanya adalah: Yang pasti sih lebih mahal, dan orang punya kebiasaan mikir kalo lebih mahal pasti lebih enak. Harga nggak selalu menentukan rasa, dan selera orang kan beda-beda.

“Penemu kopi instan adalah George Washington.”

Faktanya adalah: Bener, tapi bukan George Washington yang mantan Presiden Amerika itu ya. Penemu kopi instan pertama kali adalah George Washington yang orang Belgia dan tinggal di Guatemala, di tahun 1906.

“Caffeine Energy Drink itu mengandung kafein.”

Faktanya adalah: Sayangnya nggak, tapi minuman yang katanya dapat menambah energi ini mengandung Vitamin C (60 mg), Niacin (6 mg), Vitamin B6 (2 mg), Folic Acid (120 mcg), Vitamin B12 (6 mcg), dan Biotin (90 mcg) – tapi nggak mengandung kafein sama sekali, meskipun efek yang didapat setelah meminumnya mirip seperti kafein: mata jadi lebih melek. Aromanya juga nggak ada kopi-kopinya sama sekali, meskipun cukup menggiurkan. Kebanyakan minuman berenergi yang katanya mengandung kafein malah baunya lebih mirip gulali dan semangka.

“Ada alergi yang disebabkan oleh kopi.”

Faktanya adalah: Memang ada beberapa orang yang kalo abis minum kopi badannya jadi pegel-pegel. Sebenernya ini bukan alergi sih. Bisa jadi karena orang itu minumnya kebanyakan terus begadang semalaman. Nggak heran kan kalo paginya badannya jadi pegel-pegel?

Beberapa fakta lainnya tentang kopi yang mungkin belum kamu tau:

1. Brazil pernah mengalami surplus kopi, sampe kewalahan mau diapain. Akhirnya mereka bikin plastik pake biji kopi.
2. Jim Henson – pencipta The Muppets mengawali karirnya dengan bikin iklan tentang kopi.
3. Selama Perang Dunia II, tentara Amerika mengadakan kompetisi minum kopi antar cabang militer. Pemenangnya adalah Angkatan Laut, yang sanggup minum 20 cangkir kopi dalam sehari.
4. Dalam Perang Dunai II juga, orang Jerman bikin bom dari kopi, dengan cara ngejatuhin karung-karung dari pesawat udara yang berisi kopi ke orang-orang yang melawan pemerintah Jerman ketika itu.
5. Ada sebuah biro perjalanan di Amerika untuk para pencinta kopi yang mau liburan, namanya “Cafe Away”.
6. Orang Norwegia adalah peminum kopi terbanyak di dunia. Amerika Serikat menduduki peringkat ke-12.
7. Biji kopi adalah makanan pertama di dunia yang dibekukan.
8. Seorang dokter asal Perancis di tahun 1600-an pernah menyarankan pasien-pasiennya untuk minum Cafe Au Lait. Inilah awal orang mulai nyampur susu ke dalam kopi.
9. Di Amerika Serikat, rata-rata barista umurnya 20-an, sementara di Italia umurnya rata-rata 48 tahun – dan barista adalah profesi yang sangat terhormat di sana.
10. Teddy Roosevelt adalah orang Amerika yang paling banyak minum kopi. Berapa jumlah kopi yang diminumnya? Segalon sehari!

Kamu jangan ikut-ikutan tapi ya. Hehe…

Banyak fakta-fakta tentangi kopi lainnya yang pernah kami tulis juga di sini, di sana, dan di situ. Tentang mitos dan fakta kopi lainnya juga ada di artikel yang ini dan artikel yang itu.

Salam srupuuuth!

joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official