Energi Alternatif Dari Ampas Kopi

Semakin ke sini, manfaat dari kopi maupun biji kopi semakin meningkat. Dari kopi sendiri kita dapat berbagai macam manfaat mulai dari menghilangkan stres, mempercantik diri, menghindari penyakit diabetes, hingga mengurangi 50% risiko bunuh diri. Sedangkan, biji kopi dapat digunakan sebagai penetral wangi untuk mencium parfum atau penghilang bau tidak sedap. Tapi, apakah kamu tau bahwa biji kopi dapat dijadikan sebagai energi alternatif?

Di antara banyak energi alternatif, energi yang dihasilkan dari produk bekas atau sisa adalah cara yang paling ekologis untuk menghasilkan tenaga. Sebelumnya, ada pemanfaatan bubuk kopi yang diubah menjadi pupuk. Dan sekarang, ada biji kopi yang dimanfaatkan sebagai energi yang ramah lingkungan, Bio-Bean.

Salah satu startup yang mencoba untuk menggarap sektor energi terbarukan ialah Bio-Bean yang berpusat di London, Inggris. Secara sederhana, mereka mengolah ampas kopi dari berbagai kedai kopi di London menjadi sumber energi terbarukan dan ramah lingkungan.

Di London, kedai kopi dan pabrik pengolah kopi menghasilkan lebih dari 200.000 ton kopi per tahun. Bio-Bean mendapatkan sisa bubuk kopi ini dari kedai kopi, roastery dan biji kopi yang dikeringkan lalu menjadikannya sebagai bahan bakar. Keren bukan? Proses ini lebih ramah lingkungan dari cara tradisional lain, seperti membuang kopi ke tanah yang malah menghasilkan gas efek rumah kaca berbahaya ke atmosfir

proses bio bean (sumber: bio-bean.com)

proses bio bean
(sumber: bio-bean.com)

 

Proses Bio-Bean kemudian memproses ampas kopi menjadi dua produk bahan bakar nabati yang berjejak karbon netral: pelet biomassa dan biodiesel yang akan dijual ke berbagai perusahaan di London untuk membangkitkan tenaga listrik bagi transportasi dan bangunan mereka, mengurangi timbunan sampah di permukaan tanah dan memangkas penggunaan bahan bakar fosil dan produksi gas metana yang tidak diinginkan.

Mengubah ampas kopi menjadi energi sebenarnya bukan ide yang baru, tapi manfaat pada skala yang lebih besar membuat dampak yang lebih besar daripada sebelumnya.

Sekarang giliran kamu, jadikan kopimu sebagai sesuatu yang dapat bermanfaat bagi lingkungan sekitar juga!

About author

Collective Sketch Project

Masih inget doong sama kertas-kertas coklat yang biasa menemani keriaan acara-acara Kopi Keliling selama ini? Yak benar sekali, ini adalah kertas coklat berbingkai kegiatan gambar ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official