Coffee Cupping

Coffee-Cupping

Penggemar wine pasti udah sering denger, bahkan udah sering dateng ke acara wine tasting kan? Sama aja kayak wine, kopi juga ada cara cicip-menyicipnya, namanya coffee cupping.

Coffee cupping ini tujuannya untuk membanding-bandingkan dan mempelajari rasa dan aroma kopi. Pelakunya bisa orang biasa, atau bisa juga para profesional kopi yang dikenal dengan sebutan “Master Tasters”. Standar prosedur dalam coffee cupping itu meliputi mengendus aroma kopi dalam-dalam, lalu menyeruput kopi sampai cairannya tersebar di belakang lidah. Orang yang ikutan coffee cupping ini mencoba untuk ngukur rasanya kopinya berdasarkan tekstur, rasa-rasa kopi seperti rasa manis dan rasa asam, karakter kopi itu, dan aftertaste atau apa yang dirasain setelah minum kopi – karena biji kopi tiap daerah pasti rasa dan karakternya beda-beda. Seperti misalnya, kopi Toraja pasti rasanya ada bedanya sama kopi Bali. Tapi di mana perbedaannya, dan mana yang lebih banyak disukai orang? Kurang lebih seperti itu. Chart-nya kira-kira kayak begini:

coffee_tasting_flavor_wheel

Untuk membanding-bandingkan tiap jenis kopi secara adil dalam coffee cupping takaran air dan jumlah kopinya harus sama persis, terus tiap abis giling 1 jenis kopi, gilingannya harus dicuci bersih supaya kopi berikutnya yang digiling rasanya nggak terpengaruh sama kopi yang sebelumnya, juga waktu untuk menyeduh dan sebagainya harus sama tepatnya juga. Kopi akan mengalami perubahan secara kimia dalam waktu 20 menit setelah diseduh, yang berpengaruh sama rasanya juga.

Di antara pencinta kopi, coffee cupping juga bisa dijadiin sebagai kegiatan sosial. Bisa dilakukan di rumah dengan ngumpulin beberapa orang teman, di mana kamu bisa saling membandingkan, memberikan pendapat masing-masing, dan menulisnya di sebuah catatan kecil.

Apa yang kamu butuhin kalo kamu pengen coba melakukan coffee cupping di rumah sama teman-teman kamu? Kita ambil contoh misalnya kalian mau mengevaluasi 4 jenis kopi ya. Ini yang dibutuhkan:

1. 8 gelas kecil yang sama ukurannya, kurang lebih 5-7 ons
2. Ketel air, boleh yang listrik, yang sedikitnya bisa merebus 64 ons air
3. 2 gelas besar, untuk membilas gelas dan untuk mencuci sendok yang dipake untuk ngaduk kopi
4. 4 sendok kecil untuk ngaduk kopi
5. Timbangan kue, untuk ngukur kopi. Atau bisa juga diukur pake sendok ukuran
6. 4 cangkir kopi yang ada telinganya
7. Pikiran yang jernih dan mampu berkonsentrasi

Jadi kalo lain kali kamu dan teman-teman seperkopian kamu bingung mau ngapain dan kebetulan ada beberapa macam bubuk kopi yang belum pernah kalian coba, bikin deh acara coffee cupping ini di salah satu rumah kalian. Pasti seru!

Atau mau ngundang Kopling juga ikutan di acara coffee cupping kalian? Siapa takut!

Nita Darsono aka Nitchii

Freelance Illustrator dan Designer kelahiran Jakarta yang sekarang ini tinggal di Surabaya sudah akrab dengan dunia seni sejak kecil, terutama musik. Ayahnya adalah seorang musisi, ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official