Cara Menghemat Dari Hobi Minum Kopi

Hobi atau kebiasaan biasanya menjadi prioritas bagi seseorang. Terkadang begitu menjadi prioritas sehingga merogoh kocek lebih dari yang seharusnya hanya untuk memenuhi hobi atau kebiasaan tersebut. Begitu juga dengan kita yang menjadikan ritual meminum kopi lebih dari sekedar aktivitas kasual atau terkadang saja alias menjadi agenda yang tak terpisahkan dari keseharian. Bukan hanya itu, terkadang alokasi budget untuk kebiasaan minum kopi ini mulai terasa memberatkan atau besar pasak dari tiang. Bagi yang mulai merasakan hal ini namun tidak merela melepas kebiasaan meminum kopi secara teratur, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Cari Coffee Maker Dengan Harga Yang Pantas

 

Kopi Mesin

Sumber gambar: ottencoffee.co.id

Kalau untuk membuat kopi sendiri di rumah nggak harus selalu memakai alat kopi yang super canggih kok. Coba intip ottencoffee.co.id untuk banyak pilihan coffee maker, termasuk untuk berbagai jenis grinder, mesin single-serve atau espresso, dengan pilihan harga yang sesuai kantong. Atau lebih baik lagi, coba beli alat kopi manual ketimbang membeli mesin kopi. Berbagai coffee shop lokal juga saat ini menjual alat-alat dengan harga cukup terjangkau, sesuai dengan kebutuhanmu.

2. Beli Timbangan

Sumber gambar: allbestcoffeemakers.com

Selalu ajukan pertanyaan ke diri sendiri, “Berapa banyak kopi yang saya pakai untuk membuat secangkir kopi?” Dan jawaban untuk pertanyaan itu adalah, “Saya memiliki timbangan untuk mengukur berat kopi dan airnya.” Kopi adalah hal yang subjektif. Beberapa suka yang keras dan pekat, sedang yang lain suka yang ringan, dan ada juga yang doyan kopi penuh krim dan sebagainya. Secangkir kopi terbaik adalah apa yang kau suka. Dan cara terbaik untuk menemukan bagaimana kita membuat kopi adalah dengan mengetahui berat kopi dan airnya. Kita dapat dengan mudah menemukan timbangan yang murah meriah di banyak toko dan mulailah menimbang dan menakar sesuai dengan kebutuhan dan keperluan.

3. Beli Kopi Yang Di-roasting Lokal

Sumber gambar: glenlyoncoffee.co.uk

Kita mungkin sudah merasa bangga dengan membeli segelas kopi dari gerai kopi ternama yang mahal. Tapi mungkin jika kondisi keuangan mulai tidak memungkinkan untuk kerap membeli kopi mereka, mengapa tidak beralih ke kopi yang di-roasting lokal. Banyak coffee shop lokal yang melakukan hal ini dan tentunya menawarkan harga yang jauh lebih murah, karena proses roasting yang tidak perlu melanglang buana dulu sebelum akhirnya singgah di cangkir kita (yang kemungkinan besar sumber biji kopinya justru datang dari negara kita sendiri). Coba melakukan wisata kopi di berbagai coffee shop lokal, dan kemungkinan besar kita akan menemukan jodoh kopi yang pas dengan selera kita dan ditawarkan dengan harga yang masuk akal.

4. Peroleh Kupon Kopi Di Café

Sumber gambar: orderfreestuff.com

Jika kita adalah tipe orang yang terbiasa membawa kopi ke kantor, tetapkan dalam benak jika kita tidak harus membayar penuh untuk segelas latte yang mahal atau specialty drink lainnya. Selalu manfaatkan fasilitas pencarian internet untuk menemukan penawaran yang bisa didapat untuk menghemat membeli kopi. Coba lakukan “penyelidikan” coffee shop lokal mana saja yang kerap memberikan program diskon untuk member atau kupon kopi.

 

Salam sruput!

Penulis: Haris Fadli Pasaribu

Hellofest 8

Berawal dari email berisi e-flyer sebuah acara bernama Hellofest yang dikirimkan oleh @rogetter, Kopi Keliling mulai mencari informasi apa sih sebenarnya Hellofest ini. Setelah dicari tahu, ternyata sebuah ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official