Cara Membuat Kopi dengan Chemex

Setelah artikel Kopling sebelumnya membahas tentang sejarah Chemex, kali ini kita akan bahas penggunaan Chemex tapi tidak seperti biasanya. Kehadiran Chemex memang jauh lebih dulu dibanding dengan Pour Over, tapi Chemex ternyata bisa diakali untuk dijadikan Pour Over. Tapi, seperti yang dikatakan oleh pembuat Chemex, hasil kopi dari Chemex ini akan menghasilkan rasa kopi yang kuat.

Pour Over Setup

Seperti halnya membuat kopi, yang harus dimiliki tentunya grinder, timbangan kecil, ketel uap, dan dripper. Untuk grinder, tersedia berbagai macam, tapi untuk ukuran rumah sebenarnya tidak harus selalu mahal asal bisa di-setting­ sesuai kehendak hati hasil dari grind-nya. Baratza Virtuoso adalah salah satu grinder untuk di rumah yang paling baik, pilihan hasil grind yang tersedia memudahkan kita untuk memperlakukannya sesuai dengan alat seduh yang kita miliki.

Selanjutnya, timbangan. Sebenarnya untuk pemula hal ini diperlukan untuk mendapatkan kuantitas yang akurat, tapi jika sudah lihai mungkin sendok kopi bisa digunakan untuk menentukan kuantitas biji kopi yang akan diambil.

Ketel uap dengan corong angsa sangat disarankan karena dengan corongnya yang kecil bisa menjangkau ruang-ruang yang kecil untuk dilakukan rinsing (pembersihan) atau pre-heating­.

Do the drip

Setelah semua alat-alat siap, panaskan 500 ml air, lalu tuangkan sedikit untuk membahasi filter, ini yang disebut dengan rinsing, gunanya untuk menghilangkan zat-zat yang terdapat dalam filter tersebut. Kemudian, timbang 20 gram biji kopi dengan perbandingan, 1:16. Setting grinder dengan medium, di mana yang akan dihasilkan nanti bubuk agak kasar seperti gula.

Taruh bubuk kopi di atas filter, dan tuangkan air tersebut mengelilingi dan basahi seluruh sisi filter, tunggu tetesan-tetesannya selesai dan kopi hasil pour over dari Chemex siap dinikmati.

Mau lebih jelas? Silakan langsung tonton video cara membuat kopi pour over dengan Chemex ini!

Salam sruputh!

About author

Kopi: Serum Kejujuran

Kalo kamu penggiat Twitter, kamu pasti tahu bahwa semakin malam, orang akan semakin menggalau dan jadi sering ngetwit yang nggak-nggak. Jadi banyak yang nyepik dan ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official