Cara Lebih Hemat untuk Ngopi

Jaman dulu ongkos buat ngopi itu jauh lebih murah dibanding jaman sekarang. Dimaklumi sih, karena jaman dulu orang belum sebanyak sekarang yang milih untuk nongkrong di coffee shop buat meeting, kencan, bahkan kerja. Jaman udah berubah. Otomatis, kalo peminatnya makin banyak, harga jualnya juga makin tinggi kan? Wajar banget. Lagipula kopi jaman dulu gitu-gitu aja. Variasinya nggak sebanyak kopi sekarang.

Tapi kalo dipikir-pikir, sayang nggak sih kalo kebanyakan uang jajan kita abisnya “cuma” buat ngopi, padahal dengan uang segitu bisa buat dibeli makan? Cuma kalo udah ketagihan ya memang susah ya, tapi at least kita harus punya trik juga sih buat ngirit biaya ngopi.

Gimana tuh caranya?

Buat sendiri di rumah

Beli aja kopi bubuk kopi di coffee shop langganan kamu terus bikin di rumah. Dengan cara ini kamu bisa ngirit sekitar 50% dibanding kalo kamu ngopi di tempat si bubuk kopi itu dijual. Sama aja kan kayak makanan. Masak di rumah jauh lebih urah dibanding makan di luar rumah. Prinsipnya kan kurang lebih sama.

Beli biji kopi

Kalo mau lebih murah lagi, jangan beli yang udah jadi bubuk, tapi beli biji kopinya. Ada berbagai jenis mesin kopi mulai dari yang manual sampai otomatis, tentu aja harganya bervariasi mulai dari yang terjangkau sampai yang mahal banget. Anggep aja kamu beli untuk investasi.

Kopi gratisan

Kalo di tempat kerja kamu disedian kopi gratisan, jangan gengsi buat ikutan minum. Abis makan siang perlu ngopi? Ya langsung aja balik ke kantor, tanpa mampir ke coffee shop. Biarin aja boss kamu yang nanggung biaya ngopi kamu.

Beli yang ukurannya kecil

Kadang, coffee shop ngasih promo cuma buat minuman kopi yang ukurannya besar dengan iming-iming rasa baru, misalnya Oreo, praline, marshmallow, dan sebagainya. Jadi, kalo isi kantong kamu lagi terbatas, nggak usah pilih yang dihias-hias pake coffee art segala kalo jatuhnya jadi lebih mahal. Pilih yang biasa aja, toh tujuan utamanya cuma buat ngopi. Bahan dasarnya juga sama-sama kopi kan dan yang biasa aja juga udah cukup buat bikin mata kamu melek seharian kan?

Ngurangin minum kopi

Kalo biasanya kamu harus minum 4 gelas kopi sehari, kurangin jadi 1-2 gelas aja. Itu artinya kamu udah menghemat 50% dari pengeluaran kamu! Masih haus? Minum air putih atau jus buah/jus sayur. Hehehe…

Manfaatkan special offer dan hari-hari diskon

Ada coffee shop yang ngasih diskon 50% sebulan sekali kan? Manfaatkan itu. Atau cari coffee shop yang ngasih harga khusus kalo kamu bayarnya pake kartu kredit tertentu. Lumayan. Lebih lumayan lagi kalo ngopinya ditraktir sih. Hehe…

Seduh kopi secukupnya

Balik lagi kayak bikin makanan. Jangan masak lebih banyak dari yang sanggup kamu makan. Ngopi juga gitu, jangan nyeduh kopi lebih banyak dari yang mau kamu minum. Sayang banget kalo sisanya sampe harus dibuang. Tong sampah kamu nggak perlu minum kopi. Percaya deh.

Cari merk yang lebih murah

Belum tentu yang lebih murah itu rasanya lebih enak. Makanya kamu harus nyoba dulu. Awalnya beli aja dulu sedikit, kalo rasanya cocok baru beli banyakan lain kali.

Nah, nanti di akhir tahun kamu hitung deh berapa banyak uang yang udah kamu hemat gegara pinternya cara kamu buat ngopi…

About author

Kenapa Kita Ketagihan Kopi?

Ketagihan kopi Meskipun nggak termasuk drugs yang dilarang oleh pemerintah, tapi kopi sama bikin ketagihannya dengan drugs jenis lainnya. Orang yang sudah terbiasa minum kopi ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official