Bukan Lautan, Hanya Kolam Kopi

Siapa pun yang pernah pergi ke Jepang pasti ngeh bahwa orang-orang Jepang adalah konsumen kopi terbesar di dunia. Coba deh jalan-jalan di Tokyo beberapa menit aja, kamu bisa liat gimana di sana-sini ada yang jualan kopi dan orang-orang di jalan hampir semuanya ngopi. Dan hebatnya, kopi di Jepang larisnya ngelebihin minuman tradisional Jepang sendiri: teh hijau. Banyak kedai kopi di Jepang sampe punya meeting room, saking nyandunya orang-orang Jepang sama kopi. Kedai-kedai kopi Jepang yang modern biasanya jadi sarangnya para seniman dan pencinta seni, dan biasanya pemiliknya orang-orang muda.

Padahal sebenernya meskipun kopi udah masuk Jepang ratusan tahun yang lalu, tapi kopi baru rame di pasaran di Jepang sekitar tahun 70-an. Jadi masih terhitung “newcomer“. Newcomer yang hebat tentu aja, karena kabarnya Jepang sekarang adalah importir kopi terbesar ketiga di dunia. Konon, setiap tahun Jepang mengimpor lebih dari 440.000 ton kopi!

Seperti yang kita tau, orang-orang Jepang itu super kreatif dan idenya selalu “ada-ada aja”. Kopling pernah ngebahas tentang budaya kopi di Jepang ini beberapa kali. Di antaranya tentang Cave Cafe di Okinawa – sebuah kedai kopi yang dibuat di dalam gua stalaknit, juga vending machine di Bandara Haneda yang bisa bikin latte art.

Nah, ada lagi kekreatifan orang Jepang yang berhubungan sama kopi sekarang. Seperti yang kita tau, kopi banyak banget manfaatnya buat kesehatan dan kecantikan. Udah banyak orang yang make kopi jadi bahan pembuatan lip balm, body scrub, body lotion, juga sabun. Di Indonesia juga mulai banyak orang yang luluran pake kopi kan?

Hakone, Kanagawa adalah semacam pusat spa yang paling terkenal di Jepang beberapa tahun terakhir ini. Apa yang bikin Hakone Kowakien Yunessun ini digila-gilai orang Jepang? Ternyata karena di spa ini para tamunya bisa “membersihkan diri” di rendaman green tea, red wine, sake, ramen, atau kopi hangat! Bukan kopi-kopian, tapi kopi beneran, lho. Dan spa ini bukanya cuma 12 hari dalam setahun. Bayangin betapa panjangnya waiting list mereka ya!

Eh tapi apa bener kalo kopi itu selain bisa bikin mata melek juga bagus banget buat kesehatan kulit kita?

Iya dong. Kopi itu bisa ngilangin sel kulit mati, bikin kulit lebih kenceng, juga mencerahkan warna kulit. Bukan cuma itu, kopi juga bisa ngilangin selulit, bikin kulit nggak kering, juga ngilangin bekas jerawat. Dan yang paling keren, kopi juga bisa ngelangsingin badan tanpa diminum! Di India, katanya orang udah sering banget luluran pake kopi karena kafein yang terkandung di dalam kopi dipercaya bisa membunuh sel lemak. Gitu. Terus, menurut Rutgers University di New Jersey, kopi juga bisa mengurangi resiko terkena kanker kulit. Bubuk kopi yang diolesin langsung ke kulit bisa jadi perisai buat ngeblok sinar UV yang jadi penyebab kanker kulit.

Jadi kalo lain kali kamu punya kesempatan buat ke Jepang, kepingin nggak nyobain spa di Hakone ini? Ini alamatnya:

1297 Ninotaira, Hakone-machi
Ashigarashimo-gun
Kowakudani/Miyanoshita
Hakone
Japan 250-0407

Jadi inget salah satu lagu jaman dulu karangan Koes Plus ya, yang judulnya “Kolam Susu”. Kalo dulu mandi mewah itu orang taunya cuma pake susu, sekarang susu itungannya udah kuno banget – karena udah ada teh hijau, sake, red wine, dan kopi buat rendeman.

Hmmm… kira-kira kalo sekarang Cleopatra masih hidup, dia bakal mandi pake kopi juga nggak ya?

About author

Collective Sketch Project

Masih inget doong sama kertas-kertas coklat yang biasa menemani keriaan acara-acara Kopi Keliling selama ini? Yak benar sekali, ini adalah kertas coklat berbingkai kegiatan gambar ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official