Beginilah Tubuhmu Bereaksi Satu Jam Setelah Ngopi

Your Body Within an Hour of Drinking a Cup of Coffee

Bagi kamu yang pecinta kopi mungkin sudah menjadi kebiasaan setiap paginya untk menyeruput secangkir kopi hangat. Kebiasaan minum kopi ini seolah menjadi kegiatan wajib pagi hari setelah atau sebelum mandi. Sehingga, rasanya ada yang ganjil ketika meninggalkan ibadah ngopi pagi.

Tapi, kamu sadar tidak sejauh mana kopi memengaruhi hampir seluruh tubuh kamu, dari mata hingga darah, bahkan beberapa menit setelah kamu menyeruput? Ada pengamatan kecil-kecilan mengenai dampak kopi yang mampu memengaruhi segala yang ada di tubuh kita.

coffee-health-body

rationalromantics.org

Otak

Kalau kamu merasa perlu bekerja keras dalam satu hari karena deadline atau tetap melek saat berkendara, secangkir kopi bisa jadi teman terbaikmu. Kafein adalah stimulan dan beberapa bukti menunjukkan bahwa kafein bisa meningkatkan fungsi mental dan memperkuat kemampuan untuk konsentrasi.

Singkatnya, otak bekerja dengan mengirimkan bahan kimia yang disebut neurotransmitter melalui sinapsis – inilah cara otak kita bekerja. Kafein merupakan senyawa psikoaktif yang menggerakkan neurotransmitter ini yang memungkinkan mereka untuk beroperasi secara lebih efisien. Kafein akan membantu proses kimia ini menjadi lebih baik. Menurut Leavey, seorang peneliti, mental kita akan lebih waspada setelah 30 menit kita mengonsumsi kopi.

Mata

Kafein juga memicu sistem saraf simpatik kamu. Sistem ini yang mengatur aktivitas saraf sadar tubuh, seperti mengaktifkan mode fight-or-flight. Kafein ini akan merangsang reseptor di otak yang akan memberitahu tubuh untuk mengaktifkan adrenaline lebih banyak. Dampaknya, kesadaran kamu akan sesuatu akan lebih tajam.

Gigi

Kamu tentu tahu, mengonsumsi banyak kopi akan menyebabkan gigi putih kamu menguning. Iya, itu akan berlaku ketika kamu jarang menjaga kebersihan gigi. Tapi, di lain itu, kopi mengandung cukup banyak polifenol, zat gizi mikro yang telah terbukti efektif dalam membunuh bakteri plak dalam mulut. Justru hal ini akan tidak bermanfaat ketika kamu tambahkan gingerbread, creamsicle, atau nutella ke kopi kamu.

Penambahan gula atau susu ke dalam kopi akan membuat kopi seperti pedang bermata dua, karena di saat polifenol melarutkan plak, susu dan gula dapat dengan mudah menembus daerah dalam gigi yang akan membuat ngilu dan menyebabkan demineralisasi dan pembusukan nantinya. Tapi, kalau kamu memilih kopi hitam, gigi kamu akan rentan terhadap gigi berlubang.

Kopi yang membawa polifenol itu akan menghilangkan plak, namun menyisakan warna kekuning-kuningan di gigimu. Makanya, setelah kamu mengonsumsi kopi pastikanlah kamu menyikat gigi dan menjaga kebersihan gigi kamu kapanpun itu.

Jantung

Menurut Leavey, mengonsumsi dua cangkir kopi sehari tidak berbahaya, tapi akan bermasalah jika seseorang sebelumnya telah mengidap penyakit jantung atau darah tinggi. Karena kopi akan membuat adrenalinmu bertambah berkali lipat. Setelah kamu mengonsumsi kopi, sekitar 15 menit kemudian, kafein akan mulai meningkatkan denyut nadi dan tekanan darah sampai 15%.

source: aol.com

source: aol.com

Lambung

Ada beberapa alasan di balik menenggak espresso setelah makan malam. Kafein akan memicu reseptor dalam perut lalu meningkatkan sekresi lambung sekitar 10 sampai 15 persen – kecil, tapi bermakna, peningkatan.

Kafein melemaskan sfingter, yang merupakan bundel otot yang terletak di dasar kerongkongan kamu yang bertindak sebagai gerbang untuk menjaga makanan dari memasuki trakea.

Pencernaan

Ada yang unik, kafein dalam kopi akan merangsang perut kamu, memberitahu mereka untuk bekerja lebih keras dan lebih cepat. Usus akan beroperasi dengan cepat untuk segera memproses tinja dan memadatkannya. Sehingga begitu proses pengeluaran akan memadat dan tidak dalam bentuk cair. Akan berakibat fatal jika bentuknya cair. Hiii….

Saluran Urin

Karena setiap peminum kopi setia pasti tahu kalau berbahaya memesan minuman kopi berukuran besar saat sedang dalam perjalanan. Kopi bertindak sebagai diuretik, yang mempengaruhi tubulus ginjal dalam tubuh kamu untuk mengirim lebih banyak air. Makanya, minum kopi akan membuat kamu lebih sering ke kamar mandi.

Darah

Apakah kamu tahu kalau kopi ternyata mengandung kolesterol? Nah, lho! Ini yang berdampak pada darah kamu. Kopi memang mengandung minyak. Ini akan terlihat dari proses penyaringan/penyeduhan. Minyak ini yang nanti mengakibatkan kolesterolmu meningkat. Tapi, hal itu akan diminimalisir oleh saringan atau metode yang kamu pakai. Metode seduh kopi yang bertekanan tinggi akan menekan minyak ini jadi kopi yang kamu nikmati minim akan minyak. Sehingga, kalau kamu mengonsumsinya kamu tidak perlu khawatir tentang kolesterol. Kalau french press, tidak termasuk, ya..

 

Salam sruput!

About author

Akhir Hidup Para Seniman

Kematian aktor dan komedian terkemuka, Robin Williams, beberapa waktu silam bukan hanya mengguncang dunia, tapi juga pencinta film di seluruh dunia. Sosok yang terlihat begitu ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official