Beberapa Resep Affogato yang Patut Kamu Coba

Rasa-rasanya, hampir kita semua menyukai hal-hal yang berbau Italia, terutama makanan dan minumannya. Keju parmesan, pasta, spaghetti, pizza atau minuman kopi bercita rasa susu mereka, sudah menyebar ke seluruh dunia dan menjadi santapan sehari-hari.
Tapi, temuan mereka yang paling luar biasa mungkin adalah menyatukan kopi dengan es krim atau gelato. Hanya saja, kopi dan es krim tidak berdiri sendiri sebagai hidangan setelah makan. Bayangkan secangkir espresso panas yang dilapisi setangkup es krim atau gelato rasa vanilla. Maka itulah affogato atau bahasa Italia untuk “tenggelam”.

Variasi lain dari affogato adalah kopi dan Amaretto, minuman khas Italia. Namun, sesuai dengan perkembangannya, affogato tidak melulu espresso dan es krim rasa vanilla. Berbagai eksperimen telah dilakukan oleh penikmat affogato, memadukan espresso dengan unsure minuman lain. Hasilnya ternyata tidak kalah menggugah.

Tertarik untuk mencoba? Kopling bagikan beberapa resep affogato yang ditemukan di dunia maya dan bisa kamu coba sendiri di rumah!

Amaretto Affogato

02. Amaretto Affogato

Bahan:
– 2 scoops vanilla ice cream
– 4 oz. amaretto
– 4 oz. espresso (2- 2 oz. shots)
– 8 oz. chocolate stout

Padukan antara cita rasa alkohol Amaretto dengan espresso, es krim rasa vanilla, dan chocolate stout, maka voila, jadilah Amaretto Affogato. Untuk lebih lanjut, cari tahu di sini.

Irish Affogato

01. Irish Affogato

Bahan:
– 1 cangkir salted caramel gelato
– 4 oz espresso atau kopi pekat, panas
– 2 shots Irish Whisky atau Bailey’s Irish Cream
– 2 kue rasa mint tipis, hancurkan

Masukkan ½ cangkir es krim ke dalam gelas. Tuangkan 2 oz espresso dan 1 shot whisky di atas es krim. Taburi dengan potongam kue, dan sajikan.

Terimakasih Jelly Toast untuk resepnya.

Chocolate Stout Affogato

03. Chocolate Stout Affogato

Bahan:
– 2 oz coffee liqueur, Kahlúa misalnya
– 16 oz air soda
– Satu botol stout atau chocolate stout isi 12 oz
– 1 pint es krim cokelat, lembutkan

Chocolate Stout dan affogato tampaknya memang match made in heaven. Cara membuatnya juga gampang sekali dan tidak merepotkan. Bahan tadi cukup untuk empat gelas panjang. Untuk setiap gelas, masukan satu sendok makan coffee liqueur. Kemudian tuangkan ½ cangkir seltzer. Tuang rata stout di setiap gelas. Setelahnya tambahkan satu atau dua sendok es krim. Bisa diminum segera, atau tunggu sampai es krimnya meleleh dan menyatu dengan bahan-bahan lain. Untuk lebih lanjut bisa dilihat di Katie At The Kitchen Door.

Kahlúa Crunch Affogato

kahlua-crunch-affogato2

Bahan:
– 1 2.5 oz. mocha crunch ice cream
– 4 oz. brewed coffee segar
– 3 oz. Kahlúa
– 1.5 oz. Vodka

Kahlúa adalah rum rasa kopi yang berasal dari Meksiko. Dan ternyata nikmat juga jika dipadukan dengan kopi, es krim dan vodka, sehingga jadilah Kahlúa Crunch Affogato, yang sebenarnya variasi dari Espresso Martini. Caranya, taruh es krim dalam gelas, tuangkan kopi di atasnya. Masukkan Kahlúa dan vodka ke dalam shaker. Kocok dan setelahnya tuangkan di atas es krim dan kopi tadi. Bisa mengklik Bakers Royale untuk mengetahui lebih lanjut tentang affogato bernama unik ini.

Frangelico Affogato

07. Frangelico Affogato

Bahan:
– 1 pint vanilla-bean ice cream
– ¼ cangkir kopi (strong)
– 1 oz Frangelico atau hazelnut liqueur lain

Bagi es krim dalam empat gelas. Tuangkan kopi dan Frangelico di atas es krim di masing-masing tumbler tadi, dan sajikan. Rasakan segarnya perpaduan segarnya es krim dan kopi serta hangatnya alkohol yang menggugah. Temukan serba-serbi Frangelico Affogato ini di The Bitten World.

Tentunya masih ada lagi beberapa jenis affogato lain yang bisa ditemukan jika rajin menelusuri internet. Resep-resep yang mengandalkan eksperimen, dan keluar dari pakem affogato biasanya. Meski begitu, bukan berarti meninggalkan cita rasanya yang khas. Jika sudah mahir, mungkin tidak ada salahnya untuk mencari sensasi affogato baru dengan meracik dan menemukan resep baru.

Selamat mencoba!

About author

3 Seniman Perempuan Multi Budaya

Seniman perempuan sudah sangat lama terlibat dalam pembuatan karya seni, bahkan sejak jaman prasejarah. Pada masa itu, para seniman perempuan membuat kerajinan gerabah, teksil, keranjang, ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official