Seruput Kopimu, Cintai Lingkunganmu!

Satu hal yang mungkin luput dari perhatian para penggemar kopi ketika menyeruput kopi to-go mereka adalah sampah gelas yang ditinggalkannya. Cangkir dan gelas sekali pakai yang banyak digunakan di coffee shop ternyata adalah salah satu sumber sampah terbesar di dunia ini, terutama di kota-kota besar yang sibuk. Untuk mengurangi rasa bersalah kamu saat meminum kopi kesayangan, serta sebagai salah satu upaya partisipasi dalam pelestarian lingkungan, inovasi-inovasi cangkir eco-friendly dari desainer-desainer berikut mungkin dapat kamu jadikan alternatif unik untuk memenuhi dosis kopi harianmu.

CUP.FEE karya Jo Sae Bom dan Jeong Lan

Ingin mencoba mengurangi sampah gelas kopi sekali pakai yang membludak, dua orang desainer bernama Jo Sae Bom dan Jeong Lan membuat inovasi gelas kopi dari kertas Kraft yang dapat didaur ulang. Kreasi gelas kopi instan ini dipastikan akan meninggalkan sangat sedikit sekali jejak sampah di Bumi ini, mengizinkan kamu menikmati kopi kesukaanmu tanpa rasa bersalah.

Hanya dengan merobek kertas penutup CUP.FEE, yang juga sekaligus dapat dijadikan sebagai pengaduk, kemudian menuangkan air panas ke dalam kemasan, kopi favoritmu siap diminum di mana saja. CUP.FEE menawarkan alternatif solusi untuk mengontrol volume sampah yang sering kali dapat membahayakan lingkungan.


CUP.FEE karya Jo Sae Bom dan Jeong Lan (sumber: cubebreaker.com)

Goat Mug karya Desnahemisfera dan MyEqua

Membawa dan menggunakan cangkir kopi kamu sendiri adalah cara yang paling ideal untuk menekan jumlah sampah akibat konsumsi kopi. Nggak memakai cangkir sekali pakai artinya nggak ikut bertanggung jawab atas jumlah sampah gelas kopi di dunia ini. Untuk itu, kamu perlu memiliki cangkir kopi yang praktis, tahan lama, dan mudah dibawa ke mana pun dan kapanpun.

Studio desain Desnahemisfera, bekerja sama dengan MyEqua meluncurkan produk unik yang diberi nama Goat Mug. Terinspirasi oleh bentuk tanduk kambing yang pada zaman dahulu digunakan masyarakat sebagai cangkir, inovasi menawarkan cara minum kopi yang unik, fashionable¸serta memiliki sentuhan historis.

Desain dari Goat Mug ini nggak cuma menarik secara visual, tapi juga sangat fungsional. Bentuk cangkir yang mengecil di bawah membuat kamu dapat menikmati kopi kesayangan kamu hingga tetes terakhir, namun tetap mudah dibersihkan. Nggak cuma itu, Goat Mug juga dilengkapi dengan pegangan yang terbuat dari kulit, yang jika dilepaskan dan dibalik bisa digunakan sebagai tatakan gelas di atas meja. Tali dan gantungan yang menjadi aksesoris dari produk ini juga memungkinkan kedua tanganmu tetap bebas beraktivitas tanpa harus menggenggam-genggam minuman kesayangan kamu ini. Lebih okenya lagi, Goat Mug juga sudah terbukti 100% leak proof dan bebas dari BPA, sehingga kamu nggak usah khawatir lagi dengan noda kopi dan masalah-masalah kesehatan yang mungkin ditimbulkan.


Goat Mug karya Desnahemisfera dan MyEqua (sumber: kickstarter.com)

Smash Cup karya Ben Melinger

Inovasi lain datang dari New York. Smash Cup, buah karya dari Ben Melinger ini menawarkan cangkir kopi yang dapat dilipat dengan ringkas dan kemudian dimasukkan ke dalam kantong kamu sebelum atau setelah kamu menyeruput kopi kesukaan kamu.

Memiliki tinggi penuh 12,7 cm dan mampu menampung baik kopi dingin maupun panas dengan kapasitas 340 ml, cangkir ajaib ini dapat dilipat hingga menyerupai tabung pipih dengan ketebalan 4,4 cm. Produk ini diharapkan bisa mengurangi penggunaan gelas kopi sekali pakai oleh para penumpang commuter di kota-kota besar, serta para wisatawan, karena bentuknya yang praktis, ringan, dan gampang dibawa ke mana-mana.

Mencoba memperkenalkan produknya melalui website crowdfunding kickstarter.com, antusiasme masyarakat terhadap Smash Cup ternyata tinggi banget. Menargetkan pendanaan sebesar $10.000 dalam 30 hari, target pendanaan ini berhasil dipenuhi hanya dalam satu hari. Wow!



 Smash Cup karya Ben Melinger (sumber: dailymail.co.uk)

Apakah kamu pernah merasa bersalah waktu menyeruput kopi to-go di pagi hari? Mulai kurangi penggunaan cangkir sekali pakai dan beralih ke inovasi cangkir-cangkir eco-friendly seperti ini, yuk!

 

Salam sruput!

Kopi + Ragi = Coffer

Minuman kopi berkarbonasi (sumber: drivethedistrict.com) Kopi bersoda memang bukan hal baru, dan sekarang ada minuman kopi bersoda lainnya yang sedang jadi bahan perbincangan di dunia ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official