Alat Kopi Terbaru Yang Memudahkan Saat Membuat Kopi

Memang saat ini banyak alat untuk membantu kita dalam membuat kopi. Tentunya, terlepas dari segala lebihnya, alat-alat ini juga memiliki kekurangan. Tapi jangan takut, karena banyak inovator ulang yang kerap menghadirkan alat yang dapat membantu dan memudahkan kita dalam membuat kopi.

Ada dua alat terbaru yang hadir untuk menjawab permasalahan umum dalam membuat kopi. Apa saja mereka? Inilah dia:

1. Manual Coffeemaker No1

Sumber gambar: blog.gessato.com

Manual Coffeemaker No1 merupakan coffeemaker dengan prinsip yang dituangkan dan memadukan cita rasa seni dengan teknologi yang kuno. Desainer asal Chicago, Craighton Berman telah memikir ulang konsep alat untuk meja dengan coffeemaker elegan yang merayakan ritual coffee brewing dengan menggunakan tangan. Berman terinspirasi oleh tradisi coffeemaker manual, tapi mendesain ulang untuk peminum kopi masa kini.

Pembuatan kopi secara manual (atau “pour over“) memberikan kontrol yang lebih besar untuk penggunya selama proses brewing namun juga tetap menangkap nuansa rasa dari blend berkualitas tinggi yang modern. Manual Coffeemaker No1 didesain untuk memiliki kecepatan ekstraksi yang lebih lambat yang mengizinkan grinder kopi dan air panas tetap bersinggungan dalam waktu yang lama, brewing sebuah kopi yang sempurna.

Dari segi tampilan Manual Coffeemaker No1 juga sedap dibanding. Dengan bentuk ala gelas yang dipahat, alat ini mengurangi hilangnya panas dan transparansi gelasnya membuat kita bisa mencermati apa yang terjadi di dalamnya dengan jelas. Dasarnya yang terbuat dari bambu akan menghasilkan reaksi yang sebenarnya seperti papan talenan dari kayu. Alat ini diperlengkapi dengan pengukur karaf yang akan mem-brewing kopi dengan akurat. Karaf ini juga dapat diganti dengan mug berkukuran standar jika ingin proses brewing langsung dilakukan di mug kesayangan kita.

2. Fellow Duo Coffee Steeper

Sumber gambar: gizmag.com

Sementara jika kamu bosan brewing kopi dengan prinsip pour-over, mengapa tidak mencoba Duo yang merupakan karya desainer yang dikumpulkan oleh pendiri Fellow, Jake Miller.

Dalam mendesain Duo, Miller dan teamnya bertujuan untuk menghasilkan sesuatu yang dapat melakukan brewing dalam sebuah cangkir kopi tanpa menyisakan ampas di dasar cangkirnya. Mereka mengkreasikan lebih dari 50 berbagai prototipe yang berbeda dan melakukan pengujian melalui kombinasi dengan 60 jenis filter yang berbeda.

Dengan dua chamber dan dua filter-nya, Duo sangat mudah digunakan. Penggunanya dapat menyendok ground coffee yang kasar ke dalam chamber atas stainless steel-nya, tuangkan air panas, aduk dan biarkan selama 3 hingga 4 menit.

Setelah brewing-nya selesai, mekanisme pengaduknya akan mengizinkan pemakai alat ini untuk menuangkan hasilnya melalui dual filter – sebuah keranjang filter yang diikuti oleh filter kedua yang lebih baik, yang didesain menyingkirkan buliran kasar kopi, saat cairannya mengalir turun menuju wadah gelas yang berada di bawah.

Dengan melenyapkan semua ampas, adalah mungkin untuk membiarkan kopinya tetap berada di wadah tanpa harus takut hasilnya akan over-ekstraksi. Empat gelas kopi bisa dibuat dalam satu kali penggunaan.

Duo juga dapat digunakan untuk iced coffee atau bahkan teh. Alatnya gampang dibersihkan dan hanya stainless steel, kaca, dan silikon yang digunakan, menhindari masalah higienitas dan kesehatan lain.

Penulis: Haris Fadli Pasaribu

joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official