9 Lagu untuk Pencinta Kopi

Biasanya sih setiap abis weekend, kita jadi susah bangun hari Seninnya buat berangkat kerja. Banyak orang yang “benci” sama hari Senin, padahal hari Senin nggak punya salah apa-apa ya sebenernya. Hehe… Nah, apa yang bisa bikin bantu kita melek dan semangat kerja lagi? Kopi dan lagu! Iya kan?

Hari ini, Kopling mau share 10 lagu yang ada kopinya. Nih, simak playlist-nya Kopling ya!

Coffee Blues (Mississippi John Hurt, Candy Man)

Di awal Abad 20, seorang penyanyi blues dari Mississippi, John Hurt, bikin lagu yang isinya puji-pujian terhadap kopi. “Coffee Blues” dibuka dengan kata-kata “It’s good to the last drop“. Nikmatnya sampe tetes terakhir! Wah banget kan?

Coffee Song (Frank Sinatra, Reprise Collection) 

Lagu ini sempet masuk ke Top 10 di tahun 1946, dan udah pernah dinyanyiin sama banyak artis – dari Sam Cooke, The Muppets, Rosemary Clooney, sampe Soul Coughing. Lagu ini nyeritain tentang sebuah negeri (Brazil) di mana saking banyaknya kopi sampe minuman lainnya dilarang beredar. Saking dilarangnya sampe katanya “A politician’s daughter was accused of drinking water / and was fined a great big $50 bill.” Puteri seorang politisi didenda $50 karena minum air putih. Haha! Lucu banget memang lagunya!

Black Coffee in Bed (Squeeze, Big Squeeze: The Very Best of Squeeze)

Lagu pop klasik ini pake backup vokalis terkenal: Elvis Costello dan Paul Young. Lagu ini dirilis tahun 1982 dan nyeritain tentang hubungan yang gagal: “There’s a stain on my notebook where your coffee cup was,” kata vokalisnya, Glenn Tilbrook. Ouch.

Black Coffee (Heavy D & The Boyz, Nuttin’ But Love)

Lagu ini sempat jadi hits di tahun 1994. Heavy D nge-rap di lagu ini tentang cewek idealnya: “Black coffee, no sugar, no cream / That’s the type of girl I need down with my team. Black coffee, the African queen / part of the Afro-American dream.

Black Coffee (Ella Fitzgerald, 1949)

Lagu yang berbeda dengan judul yang sama. Kayaknya memang kopi hitam yang paling menginspirasi untuk dijadiin lagu dibanding jenis minuman kopi lainnya ya? Lagu ini juga pernah direkam sama Peggy Lee, Sarah Vaughan, Ray Charles, Sinead O’Connor, dan masih banyak lagi sejak ditulis di tahun 1948. “I’m feelin’ mighty lonesome, haven’t slept a wink / I walk the floor and watch the door, and in between I drink” — while speaking for all downtrodden protagonists in need of a pick-me-up.

Coffee Cantata (J.S. Bach, Gardening Classics: 16 Perennial Favorites for All Seasons)

J.S. Bach, komposer besar itu, ternyata memang suka nulis lagu di coffee shops. Dan ini lagu cintanya buat kopi! Di salah satu segmen di lagu ini, kalo diterjemahin, kurang lebih artinya begini: “Kalau aku tidak bisa minum kopi tiga kali dalam sehari, aku akan sangat marah…

Duncan Hills Coffee Jingle ( Dethklok, Dethalbm II)

Dethklok ini beraliran death-metal, dan lagu ini nyeritain bahwa kopi pun bisa semetal minuman lainnya. Wow…

You’re the Cream in My Coffee (Annette Hanshaw, Ain’t She Sweet)

Mbak Annette ini termasuk ngetop menurut standar tahun 1928 karena kepribadiannya yang menyenangkan, dan suaranya yang hangat dan halus. Dia memang cocok banget deh nyanyiin lagu ini.

Coffee & T.V. (Blur, 13)

Siapa yang nggak kenal rock band asal Inggris ini? “Give me coffee and TV / peacefully / I’ve seen so much, I’m going blind / and I’m brain-dead virtually.

Eh, ada satu lagu tentang kopi lagi deh. Nah, yang ini banyak yang ngira lagu asli Indonesia, padahal aslinya adalah lagu karya Hugo Blanco dari Venezuela. “Moliendo Cafe” ditulis di tahun 1958 ketika Blanco baru berumur 18 tahun, dan lagu itu jadi hit 3 tahun kemudian.

Inilah lagu yang kita kenal dengan judul “Kopi Dangdut” selama ini… Hehehe…

 

Kamu punya lagu favorit yang berhubungan sama kopi? Share ke Kopling yuk!

About author

See you in 2016

Halo semuanya! Buat kamu yang cukup rutin buka website Kopling mungkin bertanya-tanya kenapa belakangan ini Kopling tidak publish konten artikel. Jadi, tahun 2015 ini adalah ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official