5 Alasan Kenapa Rasa Kopi Terasa Tidak Enak

Sebagai penikmat kopi, saat-saat meminumnya merupakan momen yang bisa memberikan perasaan yang bagus, apalagi di pagi hari. Pagi yang merupakan awal untuk memulai hari tentunya memerlukan asupan yang bisa memberi semangat sepanjang hari, yang dalam hal ini adalah kopi.

Hanya saja menyesap kopi akan menjadi pengalaman yang kurang menyenangkan jika kopi yang baru kita seduh rasanya tidak enak. Entah terasa gosong atau terlalu pahit misalnya. Padahal mungkin kita sudah melakukan proses pembuatan kopi yang cermat.

Ada beberapa alasan mengapa ini terjadi. Dan inilah sebagian besar penyebabnya:

Biji Kopi Yang Basi

Biji kopi panggang biasanya teroksidasi oleh pemaparan oksigen, dan ini biasanya menyebabkan kecendrungan untuk menjadi basi. Jadi, agar biji kopi tetap segar, usahakan untuk menjauhkan dari paparan oksigen, kelembapan, panas dan cahaya. Artinya letakkan biji kopi dalam kontainer kedap udara dan simpan dalam tempat kering. Dan menyimpan dalam kulkas sama sekali tidak dianjurkan.

Biji Kopi Yang Disangrai DenganTidak Benar

Jika kopi terasa pahit, maka ada kemungkinan biji kopinya tidak disangrai dengan benar. Proses sangrai merupakan sumber aroma sedap kopi. Tapi menyangrai kopi juga sebuah seni. Meski tidak ada salahnya dengan sangrai matang, tapi jangan sampai terlalu matang, karena kopi akan terasa pahit atau gosong. Seringkali orang menyalahkan dirinya sendiri saat kopi yang mereka siapkan terasa gosong. Tapi ada kemungkinan penyebabnya adalah kualitas biji kopinya. Solusinya, mulai bereksperimen dengan berbagai jenis biji kopi yang berbeda untuk menemukan mana yang terbaik.

Peralatan Yang Kotor

French press, coffee maker atau mesin espresso yang kotor akan mengubah rasa kopi yang kita minum. Sisa-sisa pembuatan kopi sebelumnya kemungkinan besar akan masih mengendap di peralatan kita, dan akan mempengaruhi rasa kopi yang sedang kita buat setelahnya. Jadi, pastikan semua peralatan membuat kopi tetap bersih dan terawat.

Membiarkan Mesin Kopi Terlalu Lama Di Atas Piring Penghangat

Memang sangat menggoda saat membiarkan kopi yang baru diseduh untuk tetap terletak di piringan penghangat mesin kopi, tapi sebenarnya itu sama sekali tidak berpengaruh karena sudah mengurangi kualitas dan kesegaran kopi. Yang paling benar memang segera meminum kopi yang baru saja diseduh, tanpa menunggu lama.

Kualitas Air Yang Kurang Baik

Sederhana memang kelihatannya, tapi kopi yang baik dimulai dengan kopi yang baik. Contohlah Specialty Coffee Association of America yang menyusun standar yang tegas dan baku untuk air yang digunakan dalam membuat kopi. Tapi sebagian besar air di wilayah perkotaan memang memiliki kualitas yang kurang bagus. Air yang terlalu kuat kadar klorinnya tidak akan bagus sebagai bahan minumpan kopi. Oleh karena itu, jika benar-benar ingin membuat kopi yang memiliki kualitas bagus dan terhindar dari rasa terlalu pahit atau gosong, maka kualitas air harus diperhatikan. Tidak ada salahnya untuk mulai melakukan proses penyaringan air di rumah guna mendapatkan air dengan kualitas yang bagus. Dan ini berkolerasi dengan kopi berkualitas pula.

 

Penulis: Haris Fadli Pasaribu

soal kopi

About author

Cara Unik dalam Mencetak Pola di Objek 3-D

Dengan semakin berkembangnya teknologi, banyak hal-hal yang dulu hanya menjadi fantasi pikiran belaka atau hanya bisa disaksikan dalam film fiksi ilmiah misalnya, kini mulai bisa ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official