5 Adegan Kopi Paling Berkesan di Film

Saat menonton film, akan selalu adegan yang berkesan. Dalam sebuah film laga mungkin kita akan terus terkenang sebuah adegan yang seru di mana sang jagoan mengalahkan lawan-lawannya. Di sebuah film romantis, tentunya adegan cute meet-up atau kissing menjadi yang sering diingat. Sedang film horor biasanya menampilkan adegan menyeramkan yang membuat kita susah tidur.

Tapi bagaimana dengan adegan film yang menampilkan karakter-karakternya bersama dengan secangkir (atau seteko) kopi? Ternyata cukup banyak yang memberi impresi yang mendalam. Namun, dari yang banyak itu, coba kita tampilkan 5 adegan kopi yang paling berkesan. Dan inilah mereka:

05. The Green Hornet (2011)

The Green Hornet (sumber gambar: YouTube.com)

The Green Hornet (sumber gambar: YouTube.com)

Kato (diperankan oleh mega bintang Taiwan, penyanyi cum aktor, Jay Chou) mungkin cuma seorang sidekick bagi The Green Hornet (Seth Rogen) dalam film berjudul sama karya Michel Gondry. Tapi ia punya kelebihan tidak hanya jago dalam berkelahi dan memiliki ketangguhan di atas rata-rata, namun juga merupakan seorang barista unggul. Adegan Kato melakukan brewing dengan coffee maker ukuran jumbo jelas sangat berkesan.

04. Mulholland Dr. (2001)

Mulholland Dr. (sumber gambar: depthsofcinema.blogspot.com)

Mulholland Dr. (sumber gambar: depthsofcinema.blogspot.com)

Maestro sinema, David Lynch, sudah terkenal sangat serius jika menyangkut soal kopi, dan bahkan dia memiliki merek kopinya sendiri. Minuman ini banyak tampil di karya-karyanya, dengan Twin Peaks dan Mullholland Dr. yang menjadi paling mencuat. Khususnya di film thriller noir-horor Mullholand Dr. yang memiliki adegan kopi sangat berkesan, yaitu saat seorang petinggi Hollywood (diperankan composer Angelo Badalementi) mencurahkan ketidakpuasannya dengan kopi yang disebutkan sebagai “salah satu espresso terbaik di dunia”, dengan memuntahkannya di atas serbet.

03. Coffee and Cigarettes (2003)

Coffee and Cigarettes. (sumber gambar: coffeecrossroads.com)

Coffee and Cigarettes. (sumber gambar: coffeecrossroads.com)

Coffee and Cigarettes mungkin merupakan salah satu film terbaik dari auteur indie Amerika, Jim Jarmusch. Sesuai dengan judulnya, tentunya film banyak menampilkan adegan dengan kopi di dalamnya. Tapi mungkin yang paling berkesan adalah adegan dimana karakter yang diperankan oleh Bill Murray bertemu dengan dua karakter yang diperankan oleh anggota grup rap, Wu-Tang Clan, RZA dan GZA di sebuah coffee shop di tengah malam. Yang paling utama adalah dimana Murray meminum kopi langsung dari tekonya.

02. Pulp Fiction (1994)

Pulp Fiction. (sumber gambar: hacerselacritica.com)

Pulp Fiction. (sumber gambar: hacerselacritica.com)

Di film Pulp Fiction karya Quentin Tarantino, kopi memegang peranan penting, karena karakter-karakter hitman atau pembunuh bayaran di film ini sepertinya sangat gemar meminum kopi. Tapi yang paling berkesan mungkin adalah karakter “pembersih” bernama Winston Wolfe yang diperankan oleh Harvey Keitel, karena ia harus menghilangkan jejak mayat dari rumah Jimmie (Tarantino) dalam waktu 40 menit saja, dan itu mencakup kopi dengan banyak krim dan gula.

01. The Bucket List (2007)

The Bucket List. (sumber gambar: the-poisoned-apple.com)

The Bucket List. (sumber gambar: the-poisoned-apple.com)

Kopi Luwak mungkin merupakan salah satu kopi yang paling terkenal saat ini. Tapi bagi yang tidak tahu menahu asal muasal kopi ini, mungkin ada baiknya tidak menonton The Bucket List, terutama di adegan dimana Edward (Jack Nicholson) mengetahui bagaimana kopi eksotis yang disukainya itu berasal dari, setelah diterangkan oleh temannya, Carter (Morgan Freeman). Mudah-mudahan reaksinya sama dengan Edward yang ternyata cukup “lapang dada” setelah mengetahui informasi yang mungkin tak ingin diketahuinya itu.

About author

Hadi Salim

Di antara sekian banyak orang yang menempuh dunia ilustrasi maupun seni, mungkin Hadi adalah salah satu orang yang beruntung. Sejak kecil, orang tua Hadi membantu ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official