12 Yang Terbaik Dalam Teknologi Coffee Brewing

Meski pun teh merupakan minuman yang lebih beradab, tapi biji kopi yang di-roasting adalah yang mengalir di nadi banyak ahli desain maupun kalangan awam. Sebelum kita menyesap secangkir kopi, pertimbangkan proses pembuatannya – entah itu secara manual, mekanis, atau elektronis – yang akan menentukan apakah kopi pagi/sore kita memang pantas diminum berdasarkan upaya persiapannya dan uang yang dihabiskan untuk mendapatkan biji kopi yang bagus.

Ada beberapa jenis coffee brewing dan mesin roasting yang jauh lebih baik dibandingkan alat yang digunakan oleh orang tua kita atau yang terdapat di pojok kantor. Dan ada 12 alat pembuat kopi yang menawarkan rasa puas, baik dari segi rasa, maupun dari tampilan fisiknya.

1. Trinity ONE

Kreasi Mark Folker yang terbalut  stainless steel dan kayu kenari hitam ini diiklan kan sebagai “to be on display, not hidden away”, merupakan sebuah alat yang memiliki multi-teknik yang bisa digunakan untuk menuangkan kopi, penekanan udara, dan para penyukai minuman dingin bisa mencicipi nikmatnya kopi dalam berbagai cara.

2. The Ottomatic by Chemex

Apakah ada nama lain yang terkoneksi dengan era renaisans dari pengalaman menyiapkan kopi ala barista seperti Chemex? Mesin terbaru mereka ini bergerak dari penuangan secara manual menuju sistem kerja yang lebih terotomatisasi yang bisa menangani pemanasan kopi dan menyajikannya kepada kita dengan elegan.

3. Moka Pot

Perancang Joey Roth telah menaruh minatnya untuk bahan, bentuk dan fungsi di arena audio speakers dan self-watering planters dan ia memakai talenta yang sama saat bekerjasama dengan Blue Bottle Coffee Roasters saat mengkreasikan versi terbaru dari Moka Pot.

4. Dutch Lab Eiffel

Apakah ada yang ingin mencicipi segelas Dutch coffee yang dingin? Maka alat ini merupakan yang tepat, sebuah alat yang tidak hanya sebagai pernyataan gaya namun juga pembuat kopi yang memuaskan.

5. notNeutral Gino & Lino Dripper Set

Kecil, sederhana dan mudah dibawa kemana saja, alat ini merupakan sebuah hadiah yang sempurna untuk Hari Ayah bersama dengan beberapa bungkus kopi terbaik.

6. KitchenAid Siphon Brewer

Sebagai salah satu produsen yang umumnya memproduksi alat-alat dapur seperti mixer dan blender, maka alat pembuat kopi dari KitchenAid ini akan memesona siapa saja yang tengah menunggu kopi mereka jadi, saat air mengalir dari ruang tadah menuju pipa pengaliran. Proses brewing bahkan cenderung lebih singkat dan menghasilkan kopi untuk gelas berukuran sedang.

7. Ikawa Home Roaster

Direncanakan rilis di bulan Februari 2016, produk Kickstarter ini merupakan produk cutting edge yang akan membawa proses roasting dari rumah langsung ke gadget iOS dan Android. Seluruh proses roasting dapat dikustomisasi berdasarkan penggunaan bijinya, dan kemudian dipantau menggunakan app smartphone, untuk melacak suhu saat biji berubah dari hijau menjadi cokelat, dan juga mengirim notifikasi saat proses roasting selesai.

8. Poppy Pour Over

Kecanggihan dari alat ini, selain sifatnya yang all-in-one untuk grindng dan pour over, adalah di mana suhu, ukuran grind, dan waktu brewing yang bisa diatur. Penjadwalan waktu brewing pun bisa digunakan via app smartphone. Tidak heran jika mesin brewing ini merupakan perpaduan antara beauty and brain.

9. BKON Craft Brewer

Jika Tony Stark pernah merancang sebuah mesin brewing kopi maka mungkin beginilah hasilnya. Para pembuatnya menyebutkan teknologi yang dipakai oleh alat ini bernama RAIN (Reverse Atmospheric INfusion), sebuah alat yang bekerja dengan mengekstraksi rasa yang bisa digunakan tidak hanya untuk kopi namun juga teh, buah bahkan minuman beralkohol.

10. Wilfa Precision

Wilfa Precision sebenarnya dirilis di tahun 2013, namu  hanya bisa didapatkan di Amerika setelah retailer alat-alat dapur dan memasak, William-Sonoma, bekerjasama dengan pembuat coffee maker Nordic untuk memasukkannya ke toko-toko di sana. Dirancang oleh barista kelas dunia, Tim Wendelboe, Wilfa didesain untuk memberikan suhu air yang sempurna sebelum proses brewing dimulai.

11. Ratio Coffee

Ratio Coffee bukan terbuat dari plastik, melainkan aluminium dengan keramik nekel satin dan juga kayu kenari, dipasangkan pula dengan karaf dari kaca borosilicate dan gabus alami untuk memendam panas dan rasa.

12. Cold Bruer

Para penikmat kopi dingin bisa menyesuaikan waktu brewing antara 2 hingga 12 jam hanya dengan menggunakan katup pengontrol. Alat ini dibuat bukan untuk peminum yang impulsif, tapi bagi mereka yang gemar melakukan brewing dengan perencanaan guna mendapatkan hasil yang maksimal. Hasil akhirnya dikarakterisasikan dengan rasa yang penuh kesegaran.

Sumber gambar: design-milk.com

Penulis: Haris Fadli Pasaribu

 

Etiskah Berjualan Karya Seni Di Jalanan?

Siapa di antara kita yang jadi penggemar penjual makanan keliling atau toko keliling? Segala sesuatu yang bersifat “mobile” di masa sekarang lebih menarik, karena lebih ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official