Illustration Around the World

illustration around the world by Pablo ientile

Beberapa waktu lalu Kopling kedatangan tamu istimewa bernama Pablo Ientile. Pablo adalah seorang ilustrator yang berasal dari Argentina, namun menetap di Berlin, Jerman. Bersama dengan beberapa teman Kopling lainnya seperti Diela Maharanie, Arris Aprillo, Prasajadi Lastiko, Raymond Malvin, Eko Bintang, Dika Toolkit, Pablo bercerita cukup banyak mengenai pengalaman dia sebagai ilustrator, kehidupan seni dan kreatif di eropa, dan Proyek kreatif yang sedang dia jalankan yaitu: Illustration Around the World. 

Berawal dari suatu hari Pablo mengalami kemandekan ide, atau bisa disebut juga dengan “designer’s block”, duduk di depan secarik kertas kosong. Pablo berpikir mungkin ada banyak ilustrator di luar sana (di luar Madrid atau Berlin) yang mengalami hal yang sama. Daripada hanya duduk dan menggambar di rumahnya, Pablo berpikir untuk pergi ‘keluar’ untuk bertemu para ilustrator tersebut, melihat karyanya, berkolaborasi dan berbagi dengan mereka.

Inti dari proyek Illustration Around the World adalah membuat semacam komik perjalanan keliling dunia yang berisi pengalaman sang traveler bertemu dengan para ilustrator yang dijumpainya selama perjalanan. Lucunya adalah sebagian dari komik tersebut akan digambar oleh para ilustrator tersebut. Disana akan dijumpai variasi gaya dan setting, sesuai dengan kota yang sedang dikunjungi. Hasil akhir dari proyek ini adalah sebuah (atau lebih) buku harian perjalanan dari berbagai kota di seluruh dunia dari ‘mata’ berbagai ilustrator.

Pablo di Hong Kong

Sketsa Pablo di Hongkong

Pablo di Seoul

 

Pablo di Tokyo

Ternyata mandek ide, perasaan kurang pede dengan gaya sendiri terjadi di hampir seluruh dunia. Sampai Pablo pun yang notabene nya tinggal di Eropa yang serba maju dan dengan segala referensinya bisa mengalami kondisi yang kurang lebih sama. Menurutnya, negara yang paling maju untuk hal-hal berbau ilustrasi dan kreatif adalah Inggris dan Perancis. Rata-rata brand-brand sudah ‘melek’ dengan ilustrasi. Industri media seperti majalah sudah tidak terlepaskan dari ilustrasi. Selain itu, ilustrasi juga banyak digunakan dalam bentuk produk, merchandise, dan sebagainya.

Berlin, kota tempat tinggal Pablo merupakan kota yang tergolong ‘baru’ untuk urusan ilustrasi. Berlin saat ini menjadi kota alternatif yang sedang semangat-semangatnya mencoba hal-hal baru dan kreatif. Pablo yang sehari-hari berprofesi sebagai motion artist menemukan kesenangan tersendiri melalui ilustrasi. Hobinya menggambar dan ngobrol dengan orang-orang di jalan akhirnya membuat Pablo pergi keliling Asia. Rute perjalanan projek Pablo dimulai dari Kuala Lumpur – Tokyo – Seoul – Beijing – Shanghai – Taiwan – Hongkong – Manila – Bangkok – Singapore – lalu Indonesia.

Gambar Pablo di Indonesia

Icon beruang Pablo

Pablo bersama Kopi Keliling di That’s Life Coffee

Pertemuan singkat dan seru dengan Pablo di That’s Life Coffee diawali dengan cerita-cerita tentang pengalamannya sebagai ilustrator. Begitu pula dengan teman-teman Kopling lainnya. Dan seperti biasa, kumpul-kumpul Kopling rasanya belum lengkap tanpa kegiatan coret menyoret. Ini hasil gambar saat itu:

pablo-Jakarta-2

iaw-pablo

Mari Menggambar - Pablo Ientile

Pablo ikut Mari Menggambar

 

Penasaran dengan proyek Illustration Around the World nya Pablo? Bisa kunjungi websitenya disini: http://illustrationaroundtheworld.com/

 

Artikel oleh: @RaymondMalvin

 

 

About author

Jangan Ragu Beli Kondom!

Pernah nggak kamu mendapat tatapan yang menghakimi saat kamu membeli kondom? Itu biasa sih di Indonesia, apalagi kalau termasuk orang yang tampangnya “irit umur”. Tatapan ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official