ACT

[LIPUTAN] Pro Plan Pooch Party

Mungkin sebagian dari teman-teman sudah familiar dengan acara galang dana ACT yang Kopling adakan setiap tahun sejak tahun 2012. Meskipun namanya acara tahunan, setiap kali acara ACT diadakan Kopling selalu berusaha untuk membuat sesuatu yang fresh, dan jadilah offline event ACT 2016 bertajuk Pro Plan Pooch Party, yang merupakan salah satu bagian dari kampanye All Dogs Matter.

Berawal dari kecintaan tim Kopi Keliling sendiri terhadap hewan berkaki empat, anjing, kita pengen kegiatan galang dana tahun ini melibatkan mereka, karena anjing bukan cuma hewan yang mudah kita temui di keseharian, tapi juga hewan yang bisa memberikan banyak banget pelajaran berharga untuk kita manusia.

Kebetulan banget, awal tahun ini Kopling sempat membuat project bareng dengan seorang teman animator, Ariel Victor. Dari pertemuan itu Kopling jadi tahu kalau ternyata Ariel dan temannya, Monica Tedja, lagi menggarap sebuah web series yang menggabungkan live action + animasi berjudul Traveling Richie tapi terhenti karena banyak kendala. Kebetulan banget juga, waktu lagi tahap awal penggarapan acara galang dana ini Kopling diajak oleh salah satu teman yang juga peserta pameran galang dana ini, Tommy Chandra, berkunjung ke dog shelter-nya Garda Satwa Indonesia. Perkenalan awal dengan tim Garda Satwa Indonesia berlanjut ke obrolan kalau ternyata mereka harus berpindah shelter dan membangun shelter baru dari nol dengan biaya yang nggak sedikit.

Mungkin memang sudah jodohnya kalau ACT tahun ini didedikasikan untuk hewan anjing, jadilah Kopling berkolaborasi dengan kreator Traveling Richie dan Garda Satwa Indonesia untuk melakukan kampanye All Dogs Matter secara online dan offline.  

pro plan pooch party 2

Beberapa karya pameran All Dogs Matter saat Pro Plan Pooch Party

pro plan pooch party

Ara talkingtothewalls dan Talitha Maranila, salah dua peserta pameran All Dogs Matter

dsc02162

Catalyst Art Market Lite

dsc02122

Catalyst Art Market Lite

Kampanye All Dogs Matter secara online sudah dilakukan sejak bulan Juli lalu melalui situs crowdfunding Wujudkan.com. Sementara itu, offline event yang bertajuk Pro Plan Pooch Party diadakan tanggal 20-21 Agustus lalu di Caswell’s Coffee, Jl Ampera Raya no 9, Jakarta Selatan, dengan didukung penuh oleh Pro Plan Indonesia. Acara ini sengaja dilakukan di Caswell’s Coffee karena coffee shop ini memiliki taman luas banget yang memang diperuntukkan untuk anjing. Jadi, para pengunjung yang datang bisa menikmati secangkir kopi Caswell’s Coffee sambil menikmati karya seni, bermain dengan anjing kesayangannya, dan berkenalan dengan pengunjung lain tentunya.

Konsep acara Pro Plan Pooch Party kurang lebih mirip dengan acara galang dana Kopling sebelum-sebelumnya. Yang menjadi fokus adalah pameran galang dana “All Dogs Matter” dari 19 seniman visual yang terlibat, di mana masing-masing dari seniman visual ini juga merupakan pencinta hewan dan memiliki pengalaman personal dengan anjing yang pernah/masih menjadi bagian dari kehidupannya. Sembilan belas karya yang dipamerkan ini dijual dengan sistem silent bidding, dan hasil penjualan karyanya diberikan untuk kampanye All Dogs Matter.

Di acara ini, Catalyst Arts juga turut ambil bagian dengan mengundang 12 seniman visual dan brand kreatif untuk turut memberikan kontribusi melalui penjualan karya dan merchandise di Catalyst Art Market Lite, karena sebagian dari hasil penjualan Catalyst Art Market Lite juga diberikan untuk kampanye All Dogs Matter. Dari hasil pandangan mata, ada sebagian tenant yang kerap kali meninggalkan booth-nya karena terlalu banyak melihat anjing-anjing lucu lalu lalang. Hehe…

pro plan pooch party

Anjing-anjing lucu saat Pro Plan Pooch Party

pro plan pooch party

Anjing-anjing lucu saat Pro Plan Pooch Party

Selama dua hari Pro Plan Pooch Party dipenuhi dengan berbagai kegiatan. Ada workshop sablon di atas kain yang bisa digunakan untuk piknik bersama Kuteken Printshop, ada juga workshop stamp di atas tote bag bersama Skoci. Garda Satwa Indonesia juga mengadakan workshop bagi para pemilik anjing.

Beberapa talk show juga turut meramaikan acara Pro Plan Pooch Party. Selain kata pengantar tentang ACT 2016: All Dogs Matter dari Kopi Keliling, Ariel Victor juga turut mengenalkan sekilas tentang project Traveling Richie yang ia buat bersama Monica Tedja, dan ada juga perkenalan tentang Garda Satwa Indonesia oleh Jonathan dan Ica. Michael Ratnadwijanti dari situs crowdfunding Wujudkan.com turut hadir untuk memberikan informasi tentang situs crowdfunding Wujudkan.com untuk siapapun yang ingin mengumpulkan dana untuk merealisasikan project. Tahun ini merupakan tahun kedua Kopling memakai Wujudkan.com untuk melakukan pengumpulan dana. Mudah-mudahan kali ini juga sukses!

pro plan pooch party

Anjing-anjing lucu saat Pro Plan Pooch Party

pro plan pooch party

Anjing-anjing lucu saat Pro Plan Pooch Party

Nggak ketinggalan, Lidwina Tandy dari Pro Plan Indonesia juga memberikan sharing tentang nutrisi yang baik untuk anjing, karena sebenarnya nutrisi untuk anjing itu berbeda-beda tergantung dari ukuran anjing yang kita miliki. Sama seperti manusia, kita nggak bisa menyamaratakan kebutuhan gizi anjing. Buat kamu yang sekarang lagi bingung, kira-kira apa makanan yang paling pas untuk anjing kesayangan, silakan langsung konsultasikan dengan Pro Plan Indonesia melalui akun Facebook mereka.

Acara Pro Plan Pooch Party juga dimeriahkan oleh talk show bersama tiga komunitas anjing, Bintaro Dog Lover, Jakarta Dog Lover, dan Car Free Day Dog Family. Sesuai dengan namanya, ketiga komunitas ini beroperasi di wilayah masing-masing. Buat kamu yang punya anjing dan ingin bergabung dengan salah satu dari mereka, silakan cek akun Instagram mereka untuk melihat jadwal terbaru dan langsung datang ke acaranya! Mereka sangat terbuka untuk siapapun yang mau bergabung.

pro plan pooch party

Talk show bersama Lidwina Tandy dari Pro Plan Indonesia

pro plan pooch party

Talk show bersama Patricia Wulandari dari Kopi Keliling, Ariel Victor dari Traveling Richie, dan Ica dan Jonathan dari Garda Satwa Indonesia

dsc02200

Talk show bersama beberapa peserta pameran All Dogs Matter, Sarah Amijo, Tommy Chandra, Ara talkingtothewalls, dan Paulus Hyu

dsc02213

Talk show bersama Jakarta Dog Lover, Bintaro Dog Lover, dan Car Free Day Dog Family

Sebagai penutup acara Pro Plan Pooch Party, alunan musik merdu dari playlist David Tambunan mengalir selama kurang lebih 45 menit, menemani para pengunjung yang mingling bersama dengan anjing kesayangannya di sore hari.

Silakan tonton video di bawah ini untuk melihat keriaan yang terjadi saat acara.


Kopling mengucapkan terima kasih untuk semua yang sudah mendukung terselenggaranya Pro Plan Pooch Party dan semua yang sudah bersedia datang dan berdonasi untuk kampanye ini. Kampanye All Dogs Matter masih berlangsung sampai September dan masih ada target dana yang ingin kami capai.

Buat teman-teman yang belum sempat datang ke Pro Plan Pooch Party namun ingin berdonasi bisa langsung kunjungi bit.ly/wujudkanact2016 untuk memilih paket donasi dan reward yang diinginkan. Kamu juga masih bisa melakukan bidding karya yang dipamerkan. Silakan cek Instagram @kopikeliling untuk melihat setiap karya yang dipamerkan dan cara melakukan bidding. Terima kasih!

About author

Minuman-Minuman Kopi dari Jawa Timur pt.1

Setelah Kopling sempet cerita tentang minuman-minuman kopi dari Sumatra, mari kita merambah ke Jawa Timur dan berkenalan dengan minuman-minuman kopi dari provinsi paling ujung dari ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official