Post it!

Apa yang kamu bayangkan ketika mendengar kata Post-it? Kebanyakan orang mungkin akan berkata catatan, kertas warna-warni, atau alat untuk mengingatkan kita akan sesuatu yang penting. Ketiganya dapat kita jumpai di sebuah pameran berjudul “Resolusi 2012” yang diadakan oleh Indie Artspace di Mazee, fX lifestyle X’nter, Sudirman.

Sabtu lalu tanggal 28 Januari 2012 Kopi Keliling hadir di acara pembukaan pameran “Resolusi 2012” yang menghadirkan karya dari Arya Mularama, Dhanny Sanjaya, Pamela Halomoan, Resatio Adi Putra, Toro Elmar, dan Wickana L Dewi. Ke-6 seniman muda ini diajak “bermain” dengan menggunakan media Post-it.

Arya Mularama

"Same Shit Different Year" - Arya Mularama

Pamela Halomoan

“Crocolution” merupakan sebuah realisasi sebuah resolusi dalam kehidupan nyata yg merefleksikan pergerakan seekor buaya yg pelan tapi pasti mencapai tujuannya.

Pergerakannya yg misterius dan sering kali membuat kejutan pastinya sudah melalui proses pemikiran yg panjang. Managing body and Mind is the key of it. Sifat setia buaya jg diadaptasi dalam relasi hubungan percintaan. Long term relationship adalah sebuah hal yg ingin direalisasikan dalam tahun ini.

Ketenangan dan proses pikir yg panjang jg mempengaruhi masalah perasaan yg akan menentukan sebuah step ke depan dalam apapun. Pin yg tertancap disepanjang karya ini menunjukan sebuah optimasi, powerful dan fokus dalam mencapai tujuan dan tidak ragu untuk bersaing.

"Crocolution" Pamela Halomoan

Wickana L Dewi ‘Airwalker’

“Sebenarnya jujur saya tdk pernah membuat resolusi khusus setiap datangnya tahun baru. Saya lebih suka semua mengalir apa adanya. Karena menurut saya dengan begitu kita akan lebih suka menikmati hidup tanpa harus terpaku satu target tertentu”, kata Wickana yang menceritakan sedikit mengenai hidupnya.

Seperti yg digambarkan dalam karyanya yang berjudul “Air Walker”, Wickana menggambarkan bahwa dirinya ikut kemana angin membawa, ke tempat-tempat atau hal yg belum pernah dilihat sebelumnya, namun tetap jeli dalam menangkap segala kemungkinan atau kesempatan yang akan berguna bagi dirinya.

“Life is the Art of drawing without an eraser!” 

"Air Walker" - Wickana L Dewi

Resatio Adi Putra

TV berukuran raksasa pada karya ini menyimbolkan kesejahteraan. Sedangkan beruang kutub menggambarkan sifatnya yang seakan santai namun ganas saat menerkam mangsanya. Begitulah harapan Tio di 2012 ini. Hidup sejahtera, tenang, namun tetap fokus dengan apa yang dia lakukan.

"Choose a big f***ing Television" - Resatio Adi Putra

Toro Elmar 

“Sesuatu yg menurut saya penting di tiap tahunnya dan satu impian yg saya ingin laksanakan tahun ini, yah ataupun secara nyicil. Kelima hal itu adalah, Bisa menyicil Rumah (amin), bisa punya pacar (amin, untung2 kalo calon istri), terus bahagiain orang tua, dan bisa beli or bikin lebih banyak buku ataupun Zine, dan yg terakhir bisa keliling dunia (nyicil),” ujar Toro.

“Sebenarnya masih banyak lagi, dan sederhana mungkin keinginan saya kurang Artsy, tapi I think its the most common thing what people need : Some Place to Live, some person to love an live together, share happiness with someone you love, make something you like or add new thoughts, and the last meet everyone in the world and give a smile to them,” lanjutnya.

"The Important Things" - Toro Elmar

Dhanny Sanjaya

Resolusi adalah sebuah komitmen yang seharusnya dapat dicapai seseorang untuk kebaikannya sendiri. Namun untuk Dhanny, resolusi sangat sulit untuk dicapai. Maka dari itu dia membuat karya berjudul “26 (Bullshit) Resolution for 2012” yang menceritakan tentang resolusi konyol yang sebenarnya berhubungan dengan dirinya yang telah hidup selama 26 tahun.

“I believe that everyone has their own resolution. Dont give up doing it…”

"26 (Bullshit) Resolution for 2012"

 

 

 

 

 

 

 

Selain dapat melihat resolusi dari para seniman yang berpameran, kita juga bisa ikutan nulis harapan, angan-angan kita di tahun 2012 ini. Tersedia Post-it dan spidol untuk kita ikut bermain bersama Indie Artspace. Pada saat pembukaan, sudah banyak teman-teman yang nempel resolusinya disana.

Apa resolusimu?

Seperti yang disebutkan diatas, Post-it biasa digunakan untuk mencatat apa yang penting, dan harus dilakukan oleh kita. Walau berukuran kecil dan terkesan sepele, namun Post-it dapat sangat membantu kita mengingat akan apa yang penting. Namun seperti halnya sebuah resolusi, Post-it tidak akan berpengaruh apabila tidak kita letakkan di tempat yang mudah untuk kita lihat.

Keseriusan dan konsistensi kita untuk mencapai sebuah mimpi, angan-angan adalah yang akan membedakan pada akhirnya. Jadi, tinggal bagaimana kita bisa memberikan usaha lebih dengan menuliskan, lalu menempelkan ‘Post-it’ kita di tempat-tempat yang selalu dapat kita lihat sehari-hari.

 

"Resolusi 2012" - group art exhibition - Indie Artspace

 

Artikel oleh: @RaymondMalvin

 

About author

Pecha Kucha Vol.11

Pecha Kucha kembali lagi hadir dengan acaranya yang ke 11. Dengan tema “Artfully Yours” Pecha Kucha menghadirkan beberapa narasumber di bidang seni & kreatif. Kopi ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official