.Garis. – Pameran Karya lewat Rupa & Nada

Mahendra Nazar, salah satu penggagas Summon, sebuah studio ilustrasi dan wadah bagi pelaku atau penikmat visual, bersama dengan sahabatnya sejak kurang lebih dua puluh tahun yang lalu, Putra “Babet” Buchari, salah seorang pemilik studio composing bernama Studio 108, akan menggelar pameran kolaborasi pertamanya yang bertajuk GARIS.

Batasan selalu menjadi isu di segala aspek dalam hidup setiap makhluk. Batas teritori, batas pemikiran, batasan moral, dan lainnya tak akan pernah bisa dihindari dan akan terus dihadapi. Sebuah batasan hadir diantara kita dan dapat dilihat dari dua sisi yang berbeda. Sebagai pengekang ; yang membelenggu, mempersempit ruang gerak, membendung imajinasi dan mengikat langkah kita hanya disatu titik. Atau penyelamat ; menjaga kita agar tetap berada di koridor atau jalur aman yang sedang kita jalani. Batasan tersebut pun lahir dari luar diri dan dari dalam diri kita sendiri.

Lalu lewat batasan tersebut timbul sebuah gejolak dalam pikiran dan batin untuk hijrah, pindah ke tempat lain, yang lebih luas. Pindah atau bergerak, juga merupakan suatu proses yang tak akan pernah usai. Maka sebuah kehidupan adalah satu proses perpindahan yang sangat alami, karena dalam hidup terjadi proses berpindah atau bergerak yang sudah pasti berjalan dengan sendirinya. Sama halnya dengan batasan, perpindahan terjadi karena ada tekanan dari suatu kondisi di dalam ataupun luar diri ini yang menginginkan adanya sebuah perubahan.

Proses perpindahan, melewati batasan satu lalu masuk ke batasan lainnya, dan berpindah lagi, layaknya sebuah garis yang tak akan pernah berhenti di satu titik.

Hal tersebut kiranya yang dicoba dipresentasikan olah Mahendra Nazar dan Putra “Babet” Buchari lewat pameran yang bertajuk GARIS. Pemilihan kata Garis, dalam konteks pameran ini merupakan simbol dari sebuah batasan dan arah perpindahan yang terjadi di dalam setiap individu.

Sejumlah 12 karya akan ditampilkan dalam pameran GARIS, yang terdiri 6 karya visual berupa ilustrasi oleh Mahendra Nazar, satu diantaranya merupakan kolaborasi dengan Studiomili dan 6 karya audio yang akan dipresentasikan secara langsung di hari pembukaan pameran oleh Putra Buchari.

Pembukaan pameran GARIS akan diadakan pada:

Hari/tanggal: 7 September 2014
Jam: 7 malam – selesai
Tempat: That’s Life Coffee, Jl Gunawarman No 24, Lantai 2, Jakarta

Poster-A4-GARIS-web

About author

Mosaik Kopi Terbesar

Ada yang bisa tebak, ini gambar apa? Wuih, betul! Itu gambar biji kopi yang sudah di roast. Biasanya, biji kopi digunakan sebagai bahan utama segelas ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official