Festival Film Dokumenter 2016

Festival Film Dokumenter (FFD) Yogyakarta adalah festival film pertama di Indonesia dan di Asia Tenggara yang khusus menangani film dokumenter. FFD dilaksanakan secara rutin setiap tahun di bulan Desember berturut-turut semenjak tahun 2002.

Gagasan awal membuat Festival Film Dokumenter berawal dari pembicaraan ringan di tahun 2022, di mana sekelompok anak muda yang gelisah dengan keberadaan media ini mulai mengerjakan gagasan tersebut dengan keinginan untuk berbuat sesuatu bagi dunia perfilman di Indonesia, khususnya film dokumenter. Kepedulian muncul karena ada potensi yang belum tergarap secara optimal dalam masyarakat perfilman Indonesia, padahal potensi tersebut melimpah di sekeliling kita. Sumber daya manusia dan materi/bahan garapnya adalah modal yang memadai untuk penciptaan sebuah karya film dokumenter. Tapi nampaknya potensi ini nggak memiliki ruang gerak yang memadai, ketika insan (muda) perfilman lebih asyik dengan penciptaan karya film yang “artistik” dan “ekspresif”, yang sebagian besar adalah fiksi. Didramatisir pula oleh profit-oriented pada bidang -yang oleh sebagian orang sebagai acuan yaitu televisi- secara instan. Padahal film dokumenter sarat dengan unsur pendidikan yang kental.

Tahun 2016 ini Festival Film Dokumenter ke-15 bertajuk “Displacement” akan diselenggarakan mulai dari 7 – 10 Desember 2016 di Kompleks Taman Budaya Yogyakarta, IFI-LIP Yogyakarta, dan Kelas Pagi Yogyakarta. Sebanyak 71 film dari 32 negara lintas benua akan diputar selama acara! Jangan lewatkan kesempatan untuk menonton banyak film dokumenter berkualitas.

Info lengkap tentang FFD 2016 dan jadwal pemutaran filmnya bisa kamu baca di website resmi mereka: ffd.or.id

About author

5 Coffee Shop Terunik! pt.2

Kembali lagi Kopling mau ngebahas 5 coffee shop terunik di dunia! Buat yang belum baca part 1-nya, liat di sini yah. Nah, yang kali ini ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official