Arya Mularama aka Gogoporen

Arya Mularama a.k.a Gogoporen, seorang ilustrator yang merangkap sebagai art director. Rama menyukai ilustrasi sejak kecil. Ketertarikannya terhadap ilustrasi bermula dari hobinya menonton kartun Jepang, Dragon Ball. Sebagai seorang seniman, Rama sangat praktis. Teknis ilustrasi dipelajari secara otodiidak satu persatu mulai dari gaya barat hingga timur. Dia suka menggambar di berbagai macam media menggunakan bermacam-macam alat (mural, kertas, digital). “Gue nggambar jarang mikir, semuanya lebih spontan aja.”

Volume 1

Karya Rama untuk Kopi Keliling volume 1 bercerita tentang para creature dan monster yang “terjebak” dalam kondisi antara terjaga dan tertidur. Dalam lukisannya kita dapat menjumpai kata-kata seperti: Work, Sleep, Run Run Run. Dari kata-kata tersebut kita dapat menangkap sedikit ‘curhat’ Rama mengenai dunia kerjanya sebagai art director yang menuntutnya untuk terjaga mengejar deadline.

“We had our coffee” – Marker on canvas

Volume 2

Karya Rama untuk Kopi Keliling volume 2 berjudul “Such a Blast #1” dan “Such a Blast #2”, bercerita tentang konsumsi kopi yang bisa bikin ‘melek’ dan ‘deg-degan’. Inpsirasi datang sangat spontan ketika pensil menyentuh kertas, goretan demi goretan dibuat dan terciptalah karakter beserta komposisi yang segar namun rumit. Alat yang digunakan adalah pylox, acrylic, dan kanvas.

Volume 5

Untuk Kopi Keliling 5, Rama membuat rangkaian gambar yang terdiri dari 3 karya. Karya pertama berjudul “Let’s get this brain running”. Bagi Rama, minuman kopi seperti minuman ajaib yang dikonsumsinya di pagi hari supaya otaknya dapat bekerja dengan baik.

Karya kedua berjudul “Magic Potion”. Menceritakan banyak kegunaan dari minuman “ajaib” yang disebut kopi. Di karyanya kita dapat jumpai berbagai tulisan ‘formula’ ajaib tersebut.

Karya yang ketiga dibuat diatas sebuah papan skateboard bekas. Berjudul “Why so serious?”. Mengambil serius kalimat “why so serious”, Batman beristirahat sambil menikmati kopi dengan teman baiknya yang gila (Joker).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

“Why so serious?” – Acrylic, marker on skateboard

Simak video interview dengan Arya Mularama di KoplingTV episode 1

Lihat karya-karya lain Arya Mularama disini: gogoporen.com.

Artikel oleh: @RaymondMalvin

About author

Kamu Introvert dan Peminum Kopi?

Salah satu “kegiatan” yang menyenangkan saat kita berada di sebuah coffee shop adalah mengamati para pengunjung di sana. Terlalu mudah sebenarnya untuk membedakan mana manusia ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official